Inovasi Insan Mutu Direktorat Pemasaran Hasilkan Value Creation Rp 12,76 Triliun

79

03 Februari 2018 — Keterlibatan Insan Mutu Direktorat Pemasaran Pertamina terhadap Continuous Improvement Program (CIP) terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. CIP 2018 Direktorat Pemasaran melibatkan 2.322 pekerja dan menghasilkan 805 ide inovasi senilai Rp 12,76 triliun value creation. Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya dengan capaian value creation Rp 7,14 triliun yang dihasilkan dari 707 ide inovasi.

Hal tersebut disampaikan oleh VP Strategic Planning & Business Development Pertamina, Hasto Wibowo saat memaparkan pencapaian CIP Direktorat Pemasaran pada pembukaan Forum CIP Direktorat Pemasaran di Ballroom Grand Mercure Harmoni, Kamis (1/2/2018).

Pencapaian tersebut mendapat apresiasi dari Direktur Pemasaran Pertamina, Muchamad Iskandar. Menurutnya peningkatan animo CIP tersebut membuktikan eksistensi insan mutu Direktorat Pemasaran yang telah berkontribusi besar terhadap budaya berinovasi.

Menurutnya, dunia bisnis saat ini mengalami tantangan era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Hal tersebut menjadi keharusan bagi Pertamina untuk siap menghadapinya dengan terus berinovasi.

“Ada 3 fokus utama yang harus didorong dalam CIP, yaitu menciptakan nilai value yang setinggi-tingginya, cost efisiensi dan mendorong proses bisnis. Target ini bisa kita capai dengan membangun kebersamaan, saya yakin kita pasti bisa,” tegas Iskandar.

CIP Direktorat Pemasaran yang diadakan selama dua hari ini diikuti 80 gugus dan menghasilkan 52 gugus yang siap beradu dalam Forum Presentasi CIP Annual Pertamina Quality (APQ) Awards pada bulan Maret 2018 mendatang. Tim juri juga memutuskan 3 peserta terbaik, yaitu PC Prove Gadis Gelis dari MOR 3, FT Prove Three Eyed Raven dari MOR 5 dan I-Prove Fastron dari Pertamina Lubricant.

Source Inovasi Insan Mutu Direktorat Pemasaran Hasilkan Value Creation Rp 12,76 Triliun

Leave A Reply

Your email address will not be published.