INKA Mengirimkan Kereta ke Bangladesh

36

24 Maret 2017

PT INKA (Persero) mengirimkan kereta untuk Bangladesh mulai kemarin (23/3). Pengiriman tahap I ini merupakan pegiriman kereta untuk jenis MG (meter gauge) dengan total 15 unit yang dikirim bertahap melalui pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. PT INKA (Persero) memproduksi kereta MG (meter gauge) dan 50 kereta BG (board gauge) pesanan Bangladesh Railway. Perbedaan kereta antara kereta MG (meter gauge) dan kereta BG (board gauge) terletak pada lebar track (jarak 2 rel) yang akan digunakan.

Untuk kereta MG digunakan pada track dengan lebar 1,000 mm sedangkan kereta BG digunakan pada track dengan lebar 1,676 mm. Masing-masing tipe tersebut akan dirangkaikan beberapa jenis kereta, baik yang menggunakan air conditioned (AC) maupun non-AC, yakni WJC (kereta tidur AC), WJCC (kereta penumpang AC), WFC (kereta tidur non-AC), WEC (kereta penumpang non-AC), WPC (kereta pembangkit), dan WECDR (kereta makan). Khusus untuk pengiriman kali ini dengan rangkaian kereta MG yang terdiri dari 11 WEC, 2 WECDR, 1 WPC dan 1 WFC.

Kapasitas penumpang untuk kereta jenis MG berjumlah 55 seats (tempat duduk) untuk tipe WJCC (ber-AC) dan 60 seats untuk tipe WEC (non-AC). Sedangkan kereta jenis BG memiliki kapasitas sebanyak 90 seats, baik untuk tipe WJCC (ber-AC) maupun WEC (non-AC). Seperti diberitakan sebelumnya bahwa PT INKA (Persero) merupakan pemenang tender pengadaan kereta penumpang Bangladesh Railway dengan nilai kontrak sebesar US$ 73 juta. Adapun peserta tender lainnya yakni dari China (CNR Tangshan dan CSR Nanjing Puzhen) dan India (Rites India). PT INKA (Persero) sebelumnya juga pernah men-deliver 50 kereta BG ke Bangladesh pada 2006. Dengan kapabilitas dalam memenuhi permintaan kereta dari luar negeri, diharapkan PT INKA (Persero) juga tetap dipercaya memenuhi pengadaan kereta dalam negeri. PT INKA (Persero) juga pernah memenuhi pesanan kereta ke luar negeri lainnya meliputi Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina hingga Australia.

Source INKA Mengirimkan Kereta ke Bangladesh

Leave A Reply

Your email address will not be published.