Ini Manfaat Lain Teh Hijau yang Perlu Anda Tahu

53

24 Pebruari 2015 — hijau sudah dikenal merupakan salah satu minuman herbal yang banyak khasiat, di antaranya dapat membantu menurunkan berat badan sehingga baik untuk dijadikan minuman dalam diet. Memang, tentang khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli kesehatan, tapi kenyataannya dalam beberapa kasus, minuman teh hijau secara rutin dapat memperlancar pencernaan dalam tubuh.

Kemampuan ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan dengan kadar tinggi. Antioksidan ini sangat berguna untuk membantu tubuh dalam mempercepat metabolisme lemak, dan hasilnya akan dirasakan secara maksimal apabila Anda melakukan aktivitas olahraga yang cukup. Studi baru yang dilakukan oleh tim ilmuwan di Anglia Ruskin University mengungkapkan bila dikombinasikan dengan olahraga, maka teh hijau dapat membantu meluruhkan lemak. Studi ini dipublikasikan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition.

Untuk menguji teori mereka, para peneliti menguji kapsul tanpa kafein tambahan teh hijau pada 14 pria yang aktif. Teh hijau tanpa ekstrak kafein dapat membantu orang menurunkan berat badan. Para ilmuwan mengatakan Anda akan perlu minum enam sampai tujuh cangkir sehari dan olahraga rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tujuh dari para relawan yang memiliki usia rata-rata 21 tahun diberi kapsul teh hijau, sedangkan tujuh orang lainnya diberi plasebo.

Temuan tim peneliti menunjukkan mereka yang diberi kapsul teh hijau mampu mengurangi lemak tubuh mereka sebesar 1,63 persen, dibandingkan dengan mereka yang berada di kelompok plasebo. Sementara tingkat oksidasi lemak meningkat sebesar 25 persen. Hal ini penting karena penurunan berat badan dapat membantu oksidasi lemak.

“Diketahui bahwa teh hijau sebagai minuman dapat memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung jumlah yang relatif tinggi bahan yang disebut EGCG. Namun, untuk mendapatkan dosis yang diperlukan Anda harus minum enam atau tujuh cangkir teh hijau sehari,” kata pemimpin peneliti Dr. Justin Roberts, seperti dilansir laman Daily Mail, Minggu (22/2).

Source Ini Manfaat Lain Teh Hijau yang Perlu Anda Tahu

Leave A Reply

Your email address will not be published.