Ini Langkah Pelindo III Perbaiki Layanan Kepelabuhanan

30

06 November 2015

Pelabuhan Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya terus meningkatkan mutu pelayanan dengan berbasis sistem IT. Salah satunya cash management system. Dalam sistem ini, yang dapat mempermudah jasa kepelabuhanan melalui ATM dan Internet Banking. Eko Harijadi Budijanto, General Manager Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak, mengatakan jika dalam sistem tersebut Pelindo III ingin membangun pusat pelayanan terpadu secara online.

“Perubahan ini tidak lantas hanya terjadi pada pelabuhan barang tetapi juga terjadi di pelabuhan jasa penumpang,” urai dia pada acara Perspecive Dialogue di Radio Suara Surabaya, dengan tema Kinerja PT. Terminal Petikemas Surabaya dan Prospek 2016, Jumat (6/11/2015). Perubahan yang dilakukan Pelindo III ini lantas menjadi pemicu positif bagi instansi terkait. Dengan adanya cash management system yang diberlakukan, maka secara langsung pelayanan tentang kepelabuhanan menjadi lebih mudah.

“Terlebih lagi, dengan adanya undang-undang pelayaran yang saat ini telah berlaku, Pelindo saat ini bukan lagi sebagai murni instansi pembuat kebijakan atau regulator, melainkan Pelindo saat ini bertransformasi menjadi instansi operator, atau pelaksana kebijakan,” papar dia. Selain itu, untuk menumbuhkan perekonomian nasional yang saat ini sedang lesu, ada beberapa terobosan yang ditempuh oleh pihaknya. John Meynard Keynes dalam teori investasi mengatakan, jika ingin menumbuhkan perekonomian uang dan aset kita harus diinvestasikan, bukan malah disimpan.

“Maka, kami menyiapkan investasi yang ditujukan untuk dapat menyiapkan SDM yang berkualitas lewat beasiswa putra daerah yang kami jatah 50 orang tiap gelombang. Lewat program itu, kami mewajibkan mereka bersekolah untuk mendalami bidang ke pelabuhan pada malam hari dan pada siang harinya kami mewajibkan mereka untuk bekerja,” ulasnya.

Chairperson Enciety Business Consult Kresnayana Yahya mengatakan, jika saat ini, Pelindo harus dapat memperhatikan edukasi bagi para costumer. “Kita harus memperhatikan kebutuhan mereka dengan memberikan kenyamanan. Agar mereka nyaman mereka harus diberikan pengertian akan pelayanan Pelindo yang saat ini makin baik,” papar dia.

Kresnayana mengimbuhkan, jika ongkos angkut barang saat ini telah turun dan tidak adanya pungutan-pungutan liar di Pelabuhan, inilah yang harus disampaikan kepada masyarakat terutama para costumer pelabuhan yang dalam hal ini para pengusaha yang menggunakan jasa kepelabuhanan. “Ke depan, masyarakat harus diberikan pengertian jika arah kebijakan kepelabuhanan dibuat seefisien mungkin, karena ke depan hal tersebut sangat berpengaruh pada keadaan perekonomian,” tandas Pakar Statistika ITS Surabaya itu.

Source Ini Langkah Pelindo III Perbaiki Layanan Kepelabuhanan

Leave A Reply

Your email address will not be published.