Ini Alasan Enam PTPN Dikucuri Dana PMN

46

 16 Pebruari 2015 — Jakarta: Enam PT Perkebunan Nusantara (Persero) mendapatkan penyertaan modal negara (PMN). Pengucuran dana terhadap enam perusahaan ini pun bervariasi. Ketua Badan Anggaran (Banggar), Ahmadi Noor Supit, mengungkapkan alasan pemberian dana PMN terhadap enam perusahaan tersebut karena PTPN III berupa holding (induk usaha) yang membawahi beberapa PTPN.

Adapun PTPN yang digelontorkan dana ini adalah PTPN III sebesar Rp3,15 triliun, PTPN VII sebesar Rp17,5 miliar, PTPN IX sebesar Rp100 miliar, PTPN X sebesar Rp97,5 miliar, PTPN XI sebesar Rp65 miliar, dan PTPN XII Rp70 miliar.

“Ya PTPN III itu holding, terdiri dari beberapa PTPN yang menjadi kewenangan Kementerian BUMN. Sedangkan anak-anak perusahaan sebetulnya di luar pengaturan menteri BUMN,” ujar dia, saat ditemui di Kompleks Senayan, Jakarta, Jumat, 13 Februari 2015 malam.

Menurut Ahmadi, Komisi VI berpendapat jika ingin memberikan penyertaan modal, seharusnya melalui holding. Namun, karena pagu sudah ditetapkan, maka menyangkut hal teknis akan diatur secara teknis. “Oleh karena itu kita tetap berikan pagu sesuai usulan pertama. Kami punya persepsi enggak mungkin pemerintah mengajukan nota yang melanggar hukum. Agar enggak ada tarik menarik, silakan nanti secara teknis dikaji. Maka tentu silakan saja agar enggak melanggar hukum ditarik ke PTPN III. Ini prinsip,” jelas dia.

Source Ini Alasan Enam PTPN Dikucuri Dana PMN

Leave A Reply

Your email address will not be published.