Industri Pertahanan Indonesia Catat Hasil Positif di Famex Meksiko

5

28 April 2019 | Industri pertahanan Indonesia ambil bagian dalam pameran Feria Aeroespacial Mexico (Famex) yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan Meksiko (SEDENA) pada tanggal 24-27 April 2019 di Santa Lucia, negara bagian Estados de Mexico. Mengutip keterangan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jumat (26/4), pameran industri pertahanan ini diikuti oleh 40 negara dengan lebih dari 600 peserta perusahaan dan lebih dari 40 lembaga pendidikan.

Perusahaan industri pertahanan Indonesia yang mengikuti Famex antara lain PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad (Pindad) dan PT Napindo (Napindo). Selain itu, Dirjen Potensi Pertahanan, Kementerian Pertahanan RI, Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan juga hadir dalam Famex 2019 memenuhi undangan Kementerian Pertahanan Meksiko (SEDENA).

Dalam sambutannya, Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador menyampaikan bahwa ia mengundang para investor agar berinvestasi di Meksiko dan menegaskan bahwa Meksiko memiliki supremasi hukum yang kuat. Bagi Meksiko, Famex 2019 merupakan sarana promosi kemampuan industri dirgantara Meksiko dan promosi pertukaran teknologi antar negara. Sementara bagi Indonesia, keikutsertaan industri pertahanan Indonesia pada Famex 2019 merupakan sarana promosi yang tepat dan potensial untuk memperkenalkan industri strategis Indonesia, khususnya di bidang kedirgantaraan dan pertahanan.

Kehadiran secara langsung pelaku industri pertahanan Indonesia disertai contoh produknya dapat memperluas pemenuhan potensi peluang-peluang yang ada dan mengenal kebutuhan pasar, baik di Meksiko maupun di seluruh kawasan Amerika Latin.

Salah satu pelaku usaha industri pertahanan Indonesia, Pindad, pada tanggal 25 April 2019 telah tercatat bahwa Pindad telah sepakat melakukan kerjasama dengan Grupo Empresarial Aerospacio 2000 S.A DE C.V dalam bidang pemasaran dan penjualan persenjataan dan amunisi beserta aksesoris, suku cadang dan amunisi produk Pindad di wilayah negara Meksiko dan negara lain di sekitar Meksiko.

Selain Pindad, IPTN North America Inc (INA) yang merupakan anak perusahaan PT Dirgantara Indonesia juga telah sepakat melakukan kerjasama dengan perusahaan yang sama, yaitu dengan Grupo Empresarial Aerospacio 2000 S.A DE C.V dalam hal antara lain: pemasaran customer logistic support untuk C212 and CN235 di Meksiko, penjualan dan pemasaran NC212i dan CN235-220 di Meksiko, serta penjualan dan pemasaran N219.​

Source Industri Pertahanan Indonesia Catat Hasil Positif di Famex Meksiko

Leave A Reply

Your email address will not be published.