Indonesia Gelar Pameran BUMN Internasional

21

05 September 2016 — Indonesia akan menggelar pameran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tingkat internasional melalui Indonesia Business and Development Expo (IBD Expo) 2016. Acara yang dihelat oleh empat BUMN di sektor National Publishing and News Corporation (NCPC) ini bakal digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, 8-11 September 2016.

IBD Expo 2016 merupakan pameran tingkat internasional pertama yang dilaksanakan perusahaan BUMN di sektor NPNC ini. Adapun perusahaan yang tergabung dalam klaster NPNC yaitu PT Balai Pustaka (Persero), Perum PNRI (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia), Perum Produksi Film Negara, dan LKBN Antara. Ketua Panitia IBD Expo 2016 Hempi N Prajudi mengatakan, selain pameran dan seminar, juga akan diselenggarakan konferensi bertaraf internasional. Dalam konferensi ini nantinya akan hadir beberapa BUMN asing, salah satunya Temasek dari Singapura.

“Kita akan mendatangkan BUMN luar negeri seperti Tamasek. Ada sharing section mengenai bagaimana mengelola perusahaannya, kemudian BUMN Cina dan kita masih nunggu konfirmasi dari Khazahan Berhad Malaysia,” kata Ketua Panitia IBD Expo 2016 Hempi N Prajudi, Jumat (2/9).

‎Hempi menuturkan, hadirnya para BUMN luar negeri ini juga akan memberikan masukan-masukan kepada seluruh BUMN, termasuk mengenai wacana BUMN dalam merealisasikan holding. Selain itu, kata Hempi, terdapat juga acara pendukung seperti Panggung Rakyat yang setiap hari akan diisi dengan pertunjukan kesenian rakyat, terutama kesenian rakyat yang menjadi binaan BUMN. Kemudian Mini bioskop yang akan menampilkan film-film produksi Perum PFN yang diputar setiap hari selama IBD Expo berlangsung.

Dalam acara ini akan dipamerkan pula produk-produk inovasi dan unggulan BUMN yang dipajang di area khusus berupa senjata api milik PT Pindad, Tank Anoa, kapal produksi PT PAL, Mokap Kereta Cepat Jakarta Bandung, dan Flight Simulator PT Dirgantara Indonesia.

“Semuanya dapat dilihat secara langsung oleh pengunjung di area tersebut,” ujar Hempi.

Hempi menjelaskan, acara ini digelar dengan tujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat mengenai perkembangan kinerja, dan peran BUMN melalui program BUMN Hadir untuk Negeri, serta memperlihatkan komitmen BUMN dalam membangun dan memberdayakan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.
IBD Expo 2016 rencananya akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 8 September 2016.

“Selama IBD Expo berlangsung, seluruh masyarakat dipersilakan untuk berkunjung dan melihat langsung karya-karya terbaik BUMN melalui produk dan layanan yang dipamerkan di setiap stand-stand peserta,” ujarnya.

Source Indonesia Gelar Pameran BUMN Internasional

Leave A Reply

Your email address will not be published.