Indahnya Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Usai Diperbaiki

47

26 Juli 2016

Semarang – Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang dikelola PT Pelindo III Semarang mengalami perbaikan sejak 2015 lalu. Kini tempat keluar masuknya penumpang kapal itu bagaikan mal atau bandara internasional. Dari luar, memang tidak banyak berubah, namun ketika akan masuk ke bagian keberangkatan, perbedaannya mulai terasa. Para penumpang akan melewati security check layaknya di bandara yang dilengkapi x-ray.

Masuk di bangunan terminal kedatangan, suasananya tampak berbeda dibandingkan tahun 2015 lalu. Sebelumnya para penumpang akan kegerahan, tapi sekarang udara dingin AC memanjakan penumpang. Interiornya pun menarik dan elegan. Ada dua lantai dengan ruang tunggu berupa kursi-kursi dan hiburan televisi. Lantai dua berupa ruang tunggu keberangkatan untuk gate 3 dan 4 serta ada juga VIP lounge. Sedangkan lantai pertama merupakan keberangkatan gate 1 dan 2 serta Internasional.

Di lantai pertama, ada banyak fasilitas, seperti Mushala, ruang merokok, ruang ibu menyusui, kios penjual oleh-oleh, bahkan tempat bermain anak. Untuk toiletnya, kebersihan sangat dijaga, selain itu disediakan juga toilet untuk difabel. Beberapa foto sejarah bangunan-bangunan di Kota Semarang dipampang dan banyak dimanfaatkan penumpang untuk berselfie-ria. Di pintu keluar juga dilengkapi peta objek wisata Kota Semarang.

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan menyempatkan berkeliling terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang saat meninjau hari terakhir arus balik angkutan laut. Tidak ketinggalan, Jonan juga melihat kondisi toilet. Jonan juga berterima kasih kepada PT Pelindo III karena bisa memperbaiki terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Bahkan menurutnya kondisi dan fasilitas terminal penumpang pelabuhan lebih baik dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

“Ini saya waktu ke sini tahun lalu masih kayak gudang. Ya kalau menurut saya interiornya lebih bagus dari Bandara Ahmad Yani. Coba anda lihat, betul apa betul sekali? Saya berterimakasih pada Pelindo III karena ada perbaikan sedikit. Kalau dulu kan gudang yang sebelah situ yang dipakai, ini bagus,” kata Jonan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Minggu (24/7/2016) malam.

Sementara itu salah satu penumpang KM Kelimut, Suwarno (50) mengaku merasa nyaman di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Setiap tahun ia mudik dan balik menggunakan kapal, dan baru tahun ini merasa nyaman di pelabuhan. “Sejak tahun 2002, ini paling bagus, pelayanan bagus. Tahun kemarin belum kayak gini, masih panas, gerah. Lebih teratur, enak begini,” kata Suwarno. Meski sudah banyak disediakan tempat duduk, ternyata tidak sedikit penumpang yang memilih duduk lesehan bersama keluarga dan barang-barang mereka. Para penumpang menggelar tikar untuk bersantai dan menunggu kapal di ruang tunggu.

Source Indahnya Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Usai Diperbaiki

Leave A Reply

Your email address will not be published.