Indahnya Mudik Melalui Terminal 3 Ultimate

89

03 Mei 2016

Jakarta – Pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta tahap pertama sudah mencapai tahap akhir. Ditargetkan, terminal baru itu sudah bisa beroperasi untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran pada tahun ini.

“Diharapkan dengan beroperasinya terminal baru tersebut, masyarakat bisa menikmati mudik Lebaran tahun ini dengan lebih baik. PT Angkasa Pura II akan terus meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan di Bandara Soekarno-Hatta untuk meningkatkan kinerjanya,” kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero), Budi Karya Sumadi, kemarin.

Dikatakan, saat ini progres pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sudah mencapai sekitar 97 persen dengan pekerjaan yang tersisa hanya menyelesaikan interior dan commisioning. Dana yang dialokasikan untuk pembangunan terminal baru ini mencapai sekitar Rp 7 triliun. Menurut Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero), terminal baru ini dibangun dengan konsep kearifan lokal yang terdiri dari art, culture, dan culinary, di mana ini akan menjadicompetitive advantage dari Bandara Soekarno-Hatta.

Terminal 3 Ultimate juga dilengkapi fasilitas terkini demi peningkatan pelayanan kepada penumpang pesawat, seperti penanganan bagasi secara otomatis (baggage handling system),check in area berbentuk delapan pulau, area parkir dengan kapasitas 2.600 kendaraan, 2.600 sepeda motor, serta jembatan layang yang terhubung dengan kereta bandara. AP II adalah perusahaan negara yang mengelola bandara-bandara di wilayah Indonesia bagian barat. Untuk menghadapi era kompetisi, AP II melakukan berbagai pembenahan untuk meningkatkan daya saing dan mengalahkan keunggulan Kuala Lumpur International Airport (KLIA) pada tahun 2019 serta Changi Airport pada 2021 mendatang.

Pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta adalah salah satu strategi AP II untuk bisa berebut posisi bandara terbaik di ASEAN, sekaligus untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Begitu terminal baru tersebut beroperasi, maskapai Garuda Indonesia akan langsung memanfaatkannya untuk melayani seluruh rute penerbangannya, baik penerbangan domestik maupun internasional. Terminal 3 Ultimate tahap 1 dirancang memiliki kapasitas daya tampung sekitar 15 juta penumpang per tahun. Kapasitas tersebut akan bertambah menjadi 25 juta penumpang per tahun bila pembangunan Terminal 3 Ultimate tahap 2 selesai. Rencananya, pembangunan Tahap 2 akan selesai pada Desember 2016 dan dapat beroperasi Maret 2017. Budi Karya mengatakan salah satu fasilitas terbaru di Terminal 3 Ultimate untuk meningkatkan layanan kepada penumpang adalah baggage handling system (BHS) atau sistem penanganan bagasi otomatis.

“BHS terletak di dekat pintu masuk terminal. Setibanya penumpang di dalam terminal, bisa langsung mengurus barangnya masuk ke bagasi. Penempatan layanan bagasi dikerjakan secara komputerisasi dengan menggunakan barcode yang ada di barang penumpang, sehingga tidak lagi memerlukan tenaga porter,” kata Budi.

Terkait dengan harapan calon pengguna Bandara Soetta, Dimas Aska, seorang praktisi otomotif nasional berharap fasilitas yang dimiliki Terminal 3 Ultimate dapat memberi ekspektasi positif kepada calon penumpang. Ke depan diharapkan tidak terjadi lagi delay dan penumpukan penumpang menjelang hari-hari besar keagamaan.

“Ini masalah klasik. Semoga dengan beroperasinya Terminal 3 Ultimate, masalah itu tidak terjadi lagi,” tambahnya.

Dimas Aksa juga berharap ada jalan keluar secara menyeluruh untuk memperlancar akses menuju bandara dan sebaliknya.

“Salah satu hal yang sering terjadi adalah masalah kemacetan. Dengan difungsikan Terminal 3, semoga masalah kemacetan dapat diurai dengan disediakannya akses kereta api,” katanya.

Hal senada juga diungkapan Airin Suhaesti, ibu rumah tangga sekaligus pengusaha yang sering melakukan perjalanan melalui Bandara Soetta.

“Sebagai ibu rumah tangga, saya berharap manajemen AP II memperhatikan ruang ibu menyusui dan toilet yang bersih. Jujur sebagai seorang perempuan, saya selalu melihat kebersihan toilet sebagai salah satu indikator layanan prima sebuah bandara,” ujar Airin.

Source Indahnya Mudik Melalui Terminal 3 Ultimate

Leave A Reply

Your email address will not be published.