Indahnya Curug Plethuk Di Hutan Kedu Selatan

37

KEDU SELATAN, PERHUTANI (23/5/2016) | Hutan selain menyediakan produk kayu dan non-kayu juga menyimpan keindahan alam antara lain seperti air terjun Curug Plethuk petak 9e dan 9f di wilayah hutan RPH Pegedongan, BKPH Banjarnegara KPH Kedu Selatan. Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bangkit Usaha dari Desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan mengakui keindahan air terjunnya dan lokasi tersebut mulai menarik minat masyarakat sebagai tujuan wisata lokal, demikian disampaikan M Fajri salah satu anggota LMDH binaan Perum Perhutani tersebut pada Sabtu (19/5).

“Curug dengan air yang sangat jernih, sangat indah, bisa dikatakan curug sewunya Banjarnegara. Dari curug, pengunjung tidak bosan memandang keindahan alam di sekitarnya. Ia berharap Perum Perhutani membenahi akses lokasi curug, juga dibangun shelter, kolam renang serta panggung kecil untuk pertunjukkan,” kata Fajri.

Curug Plethuk terdapat di jalur jalan raya Banjarnegara-Pagedongan. Luasnya 6,3 hektar dan apabila dibuka akan menjadi wisata air terjun di jalur selatan.

Perum Perhutani memiliki skema Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) yang memungkinkan kerjasama pelestarian hutan dengan masyarakat lokal melalui kelembagaan LMDH untuk kepentingan bersama.

Source Indahnya Curug Plethuk Di Hutan Kedu Selatan

Leave A Reply

Your email address will not be published.