INALUM Laksanakan Upacara Bulan K3

73

Jum’at, 17 Februari 2017 17:50:06

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang refinery dan memiliki wilayah kerja dengan tingkat risiko kerja yang tinggi, penerapan K3 INALUM telah menjadi salah satu fokus utama perusahaan mulai dari operasi perdana di tahun 1981. Setiap tahunnya INALUM turut berpartisipasi dalam peringatan Bulan K3 dengan mengadakan perlombaan-perlombaan bertemakan K3 dan upacara peringatan Bulan K3 sebagai puncaknya. Pada tahun 2017, upacara peringatan Bulan K3 dilaksanakan di Kantor Utama Pabrik Peleburan Aluminium Kuala Tanjung, Kamis (16/2).

S.S. Sijabat, Direktur Operasi yang juga merupakan ex-officio Ketua Perwakilan Manajemen untuk P2K3 menjelaskan bahwa di tahun operasi 2016 angka kecelakaan kerja menurun secara signifikan dibandingkan tahun operasi 2015. Total kecelakaan kerja pada tahun 2016 menurun sebanyak 60%, dengan jumlah kecelakaan yang menyebabkan cedera dan menyebabkan kerusakan alat masing-masing turun sebesar 80% dan 55%. Tingkat kekerapan kecelakaan kerja juga menurun cukup signifikan sebesar 59,6%. Untuk lebih meningkatkan angka ini di tahun 2017, maka manajemen telah menyusun beberapa rencana kerja seperti meningkatkan frekuensi dan kualitas inspeksi K3, meningkatkan pelatihan K3, menambah media-media K3 dan memastikan kualitas alat pelindung diri selalu mengikuti standar yang berlaku nasional dan internasional.

Pada kesempatan yang sama Dirut INALUM, Winardi, juga menekankan betapa pentingnya menerapkan perilaku selamat dalam bekerja sehari-hari. Ia mengatakan, manajemen terus berkomitmen untuk melindungi karyawan dalam bekerja, dan mengharapkan penerapan K3 di perusahaan dapat ditingkatkan di segala aspek meliputi responsivitas penyediaan peralatan pelindung diri, pengawasan K3 di lingkungan kerja masing-masing, serta menerapkan hidup sehat dengan berolahraga dan memperhatikan pola konsumsi harian.

Selama bulan K3 INALUM telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti Kompetisi Fotografi K3, Artikel K3 dan Poster K3 yang terbuka untuk seluruh karyawan INALUM, Lomba Unjuk Kinerja K3 yang diikuti oleh seluruh Departemen/Seksi, Lomba Pemadam Kebakaran yang diikuti oleh Tim Pemadam Kebakaran Departemen/Seksi di INALUM, dan Seminar sehari K3 dengan tema

“Peran serta INALUM Sebagai BUMN Dalam Pembinaan Tata Kelola K3 Rekanan” yang dilaksanakan seluruh wilayah kerja INALUM.

Source INALUM Laksanakan Upacara Bulan K3

Leave A Reply

Your email address will not be published.