INALUM Jalin Kerjasama Operasi Dermaga Dengan Pelindo 1

57

Jum’at, 20 October 2017 08:56:55

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) menjalin kerjasama dengan PT Pelindo 1 (Persero). Kerjasama antar BUMN ini tertuang dalam Perjanjian Kerjasama Operasi Pelayanan Jasa Pelabuhan dan Jasa Terkait Pelabuhan Lainnya pada Terminal Untuk Kepentingan Sendiri PT INALUM (Persero) yang telah ditandatangani pada hari Jum’at tanggal 13 Oktober 2017 di Kantor Penghubung Medan INALUM oleh Deputy General Manager Departemen Logistik dan Kepelabuhanan INALUM, Dwi Yantho dan General Manager Pelindo 1 Kuala Tanjung, Agus Deritanto.

Kerjasama antara INALUM dan Pelindo 1 ini terkait Pelayanan Jasa Pelabuhan dan Jasa Terkait Pelabuhan Lainnya pada Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT INALUM (Persero) dengan jangka waktu 1 (satu) tahun terhitung sejak 1 November 2017 sampai dengan 31 Oktober 2018 dan dapat diperpanjang kembali setelah adanya kesepakatan para pihak. Perjanjian ini mulai efektif setelah diperolehnya persetujuan/rekomendasi dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kuala Tanjung, kerjasama ini dijalin dengan prinsip saling menguntungkan dan tidak mengganggu kegiatan operasional INALUM saat ini, dengan ruang lingkup meliputi: pelayanan jasa tambat, pelayanan jasa dermaga, pelayanan jasa air tawar, pelayanan pas pelabuhan dan pelayanan usaha bongkar muat. Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Perusahaan INALUM Ricky Gunawan menjelaskan bahwa INALUM akan terus berusaha melakukan sinergi dengan BUMN lain dalam melaksanakan proyek-proyek pengembangan yang ada.

“Tantangan INALUM untuk memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional semakin besar. Untuk itu, INALUM bersama seluruh BUMN  akan memberikan kinerja yang lebih baik lagi, salah satunya adalah dengan bersinergi.” Ucap Ricky.

Turut hadir dalam penandatanganan perjanjian kerjasama ini dari pihak INALUM Manager Seksi Penanganan Bahan Baku, Produk dan Operasi Pelabuhan, Eddy Permata Purba dan Staff Operasional Pelabuhan, Muslim Nordin Giban serta perwakilan seksi Legal, Dian Lestari. Sedangkan dari Pelindo 1 hadir Manager Bisnis, Azwan Sigalingginging dan perwakilan kantor Pelindo 1 Medan, Praptono. Sebagai informasi, PT INALUM (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2014 tentang penetapan PT Indonesia Asahan Aluminium sebagai perusahaan perseroan yang melakukan usaha di bidang industri aluminium terpadu dan memiliki aset berupa dermaga A dan B, trestle fasilitas bongkar muat dan seluruh fasilitas pendukung operasi Terminal Untuk Keperluan Sendiri (TUKS) yang merupakan bagian terintegrasi dari proses dan operasi yang selama ini dikelola untuk kepentingan sendiri.

Sedangkan PT Pelindo 1 (Persero) adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan yang selama ini telah berpengalaman luas dalam penyelenggaraan dan pengelolaan pelabuhan di provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau dan merupakan Badan Usaha Pelabuhan yang saat ini sedang melakukan pengembangan pelabuhan Kuala Tanjung menjadi Kuala Tanjung Gate Way Port.

Source INALUM Jalin Kerjasama Operasi Dermaga Dengan Pelindo 1

Leave A Reply

Your email address will not be published.