INALUM dan Pertagas Niaga Tandatangani HoA Proyek Jual Beli Gas Bumi

9

Selasa, 24 April 2018 19:30:11

Kuala Tanjung – Direktur Operasi INALUM, S.S. Sijabat bersama Presiden Direktur Pertagas Niaga, Linda Sunarti menandatangani Head of Agreement (HoA) Jual Beli Gas Bumi antara INALUM dan Pertagas Niaga di Kantor Pusat Pabrik Peleburan Aluminium INALUM Kuala Tanjung (10/4). Pada sambutannya, Direktur Operasi INALUM, S.S. Sijabat mengutarakan harapannya terkait penandatanganan kerjasama ini.

“Harapan Kami dengan ditandatanganinya Head of Agreement (HoA) antara INALUM dengan Pertagas Niaga ini nantinya dapat menciptakan sinergi yang baik dan menguntungkan antara kedua belah pihak, dan nantinya dapat berkontribusi dalam kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” ungkap Sijabat.

Selama ini energi yang digunakan oleh INALUM khususnya dalam proses pemanggangan blok anoda masih menggunakan bahan bakar solar. Dengan terjalinnya kerjasama ini, INALUM dapat mengganti bahan bakar solar tersebut dengan bahan bakar gas yang disuplai oleh Pertagas Niaga sehingga mampu menghemat 20-25% biaya bahan bakar. Studi bersama secara teknis dan ekonomis akan dilakukan segera untuk mempercepat terealisasinya program konversi ini di kuartal pertama 2019. Selain diproses pemanggangan blok anoda, sistem pemanasan di Holding furnace pada pabrik pencetakan juga segera mengimplementasikan pemakaian gas bumi ini termasuk pabrik Reduksi dan proyek-proyek pengembangan lainnya seperti Pabrik Secondary Aluminium bahkan untuk konsumsi perumahan.

Bahan bakar gas bumi merupakan alternatif energi yang rendah emisi dan ramah lingkungan. Dengan pemakaian bahan bakar gas ini diharapkan INALUM mampu mengefisienkan biaya produksi secara keseluruhan, demikian disampaikan Firman Ashad, Kepala Departemen Pabrik Karbon. Secara terpisah Ricky Gunawan menambahkan bahwa INALUM adalah satu-satunya perusahaan peleburan aluminium di Indonesia yang mengoperasikan 510 tungku reduksinya dengan memanfaatkan energi ramah lingkungan yang dihasilkan dari PLTA Asahan 2 di Sigura-gura dan Tangga. Secara berkesinambungan, Perusahaan plat merah ini terus melakukan research dan inovasi untuk meningkatkan produksinya sejalan dengan prinsip People, Planet dan Profit  dan salah satunya adalah usaha konversi energi dari fuel menjadi Gas untuk pabrik Karbon.

Berdasarkan hasil penelitian dari tim internal INALUM, Program konversi energi ini diharapkan dan diperkirakan dapat mengurangi SOx lebih dari 95% dan NaOH 50% disamping menciptakan life cycle equipment yang lebih tahan lama dan tentunya mengurangi emisi CO2 pada kisaran 54,7 Ton / tahun, demikian ditambahkan Kepala Departemen Perencanaan Strategis, Syafrizal dan Kepala Departemen Enjinering, Ivan Emirsyam. Setelah penandatanganan Head of Agreement (HoA) selesai dilakukan, rombongan dari Pertagas Niaga dan INALUM melakukan diskusi lanjutan untuk membahas teknis kelanjutan dari kerjasama ini. Selain itu, rombongan Pertagas Niaga juga menyempatkan untuk makan siang bersama sekaligus beramah tamah dengan Pihak INALUM.

Source INALUM dan Pertagas Niaga Tandatangani HoA Proyek Jual Beli Gas Bumi

Leave A Reply

Your email address will not be published.