HK, PNM dan PTPN V Fasilitasi Pertukaran Pelajar Yogya-Pekanbaru

9

16 Agustus 2019 | Jakarta – PT Hutama Karya (Persero) sebagai koordinator (PIC) bersama dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) dan PT Perkebunan Nusantara V selaku (Co PIC) BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019 Provinsi Riau, kembali bersinergi melaksanakan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari rangkaian BHUN. Kegiatan SMN ini dilaksanakan di Provinsi Riau dan Jakarta, sejak tanggal 12 Agustus 2019 hingga dua minggu ke depan.

Pembukaan SMN Provinsi Riau dan Yogyakarta serta Pelepasan Siswa SMN Provinsi Riau menuju Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2019 di The Baliview Luxury Villa, Pekanbaru.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan, dan dihadiri oleh Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN RR Dewi Ariyani, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, Komandan TNI Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Ronny Irianto Moningka, Perwakilan Co-PIC SMN Provinsi Riau yaitu PNM dan PTPN V, PIC dan co-PIC SMN DI Yogyakarta yaitu PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Primissima, PT Taman Wisata dan Candi.

Dalam kesempatan ini, Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN RR Dewi Ariyani mengatakan bahwa peserta yang mengikuti program SMN ini merupakan calon-calon pemimpin bangsa di masa depan, sehingga diharapkan mampu mengambil kesempatan ini untuk mengenal lebih luas bagaimana kebudayaan masyarakat Indonesia.

“SMN merupakan salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) dari Kementerian BUMN, yang bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/sederajat,” kata Dewi dalam keterangan tertulis, Kamis (15/8/2019).

Pada pelepasan SMN ini, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar memberikan pesan kepada siswa SMN Provinsi Riau yang akan berangkat ke Yogyakarta untuk dapat memperkenalkan serta mengkomunikasikan dengan baik budaya Riau kepada siswa dan masyarakat di Yogyakarta.

“Kami juga mengucapkan selamat datang kepada siswa SMN Provinsi DIY Yogyakarta, ini adalah rumah kalian, karena selama ini Kerajaan Siak Riau memiliki hubungan yang baik dan erat dengan Kesultanan Jogjakarta,” lanjut Syamsuar.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya dalam sambutannya juga menyampaikan harapan pada siswa peserta SMN Riau kali ini. “Kami berharap siswa SMN Riau yang diberangkatkan mampu mengenalkan kebudayaan Riau kepada segenap lingkungan masyarakat di Yogyakarta. Begitu juga sebaliknya,” ujar Muhammad Fauzan.

Lebih lanjut, melalui program SMN yang digelar bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ini, diharapkan setiap siswa mampu mendapatkan pengalaman berharga yang akan menjadi bekal SDM Unggul menuju Indonesia maju

Seperti yang diketahui, SMN adalah kegiatan pertukaran pelajar dari 34 Provinsi di Indonesia yang merupakan program rutin Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN di Indonesia.

Kegiatan SMN sendiri bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini sebagai Warga Negara Indonesia, sekaligus memperkenalkan kepada siswa akan keragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah di Indonesia.

Nantinya, para siswa bisa melakukan interaksi langsung dengan komponen Pemerintahan/BUMN dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi, juga mengenalkan BUMN dengan kegiatannya dalam membangun Indonesia.

Source HK, PNM dan PTPN V Fasilitasi Pertukaran Pelajar Yogya-Pekanbaru

Leave A Reply

Your email address will not be published.