Hingga Puncak Kemarau Stok Beras Larantuka Aman

24

25 Juli 2019 | PERUM Bulog Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur menjamin ketersediaan beras tetap aman hingga puncak musim kemarau pada Oktober nanti. Saat dikonfirmasi Rabu (24/7) Kepala Subdivre Perum Bulog Larantuka, Piter Dehan menyatakan ketersediaan beras di gudang sejauh ini mampu mencukupi kebutuhan hingga tiga bulan ke depan memasuki puncak musim kemarau nanti.

“Stok beras di gudang Bulog saat ini masih aman dan dipastikan mencukupi. Saat ini masih tersimpan 1000 ton di gudang, sehingga dipastikan kuota masih aman sampai dengan Oktober. Rencananya pada akhir bulan ini kami akan mendistribusikan beras rastra bagi 14.108 kepala keluarga untuk dua bulan, yaitu Juli dan Agustus,” kata Piter.

Terkait sejumlah kendala yang dihadapi dalam proses distribusi rastra ini, Piter mengakui kondisi geografis sebagai wilayah kepulauan menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan proses distribusi melalui dua jalur.

Yaitu jalur darat dan jalaur laut yang harus menggunakan kapal.

“Aktivitas bongkar muat untuk distribusi ke sejumlah wilayah terus kami lakukan baik melalui jalur darat maupun jalur laut, karena kondisi geografis wilayah Flotim yang merupakan kepulauan, terdiri dari Pulau Adonara dan Pulau Solor. Sehingga kami juga menggunakan kapal laut untuk distribusi rastra ini. Untuk jalur laut, biasanya kami menggunakan kapal kayu untuk distribusi rastra ke Pulau Adonara dan Pulau Solor,” kata Piter.

Namun sudah sebulan ini kapal kayu tersebut rusak, menyebabkan sedikit tersendat proses distribusinya, sehingga pekan lalu Bulog menggunakan kapal tol laut untuk membantu distribusi beras sebanyak 271 ton rastra ke Pulau Adonara untuk jatah 6 bulan, terhitung Januari hingga Juni.

Saat disinggung kualitas beras, Kasubdivre Bulog Larantuka memastikan kualitas beras saat ini layak untuk dikonsumsi. Sedangkan beras yang tidak layak akan disimpan di dalam gudang dan tidak didistribusikan. Sebelumnya, dilaporkan sebanyak 240 ton beras tidak layak atau turun mutu masih tersimpan di dalam gudang, karena masih menunggu keputusan dari bulog pusat usai mengambil sampel dan uji laboratorium.

Source Hingga Puncak Kemarau Stok Beras Larantuka Aman

Leave A Reply

Your email address will not be published.