Hijaukan Hulu Citarum, 25 Hektar Lahan PTPN VIII Akan Ditanami Bibit Pohon

25

28 JANUARI 2018 — Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo menuturkan, pihaknya meminta masyarakat agar merubah pola tanam sayuran seperti kentang dan bawang ke tanaman pohon berakar. Hal ini merupakan bagian dari Program Citarum Harum.

Sebagai gantinya, masyarakat akan dipekerjakan sebagai pegawai pembantu penanaman bibit pohon dan diberi gaji Rp 1.900.000 per bulan. Hal ini diungkapkannya saat meninjau lokasi lahan pembibitan pohon di Desa Tarumajaya, Kabupaten Bandung, Sabtu (27/1).

Berbagai jenis pohon yang akan ditanam diantaranya bibit pohon Kopi, Rasalama, pohon rempah Suren merah dan pohon buahan jenis Alpukat dan lainnya,” ujar Doni. Ia menargetkan setiap hari bisa menanam 1.300 bibit pohon, langkah ini pun sudah mulai berjalan sejak beberapa bulan lalu. “PTPN VIII sudah menyiapkan lahan untuk menanam bibit pohon, sebagai upaya mengembalikan fungsi pohon untuk kelangsungan air Citarum,” ucapnya.

Doni menambahkan Prajurit Siliwangi beserta seluruh instansi terkait di bawah Komando Gubernur Jabar akan memulihkan Citarum untuk kelangsungan kehidupan dengan alih fungsi lahan, namun tetap memberikan solusi kepada warga terhadap ekonomi sehari hari dengan pekerjaan dan bertani, serta diberi pemahaman pertanian maupun berternak yang tidak merusak ekosistem citarum.

Sementara itu, Komisaris Independen PTPN VIII, Ipong Wartono menyampaikan, pihaknya turut menanam 185 ribu bibit pohon kopi di lahan konservasi. Ia mengaku, PTPN VIII memiliki enam kebun dengan total luas 12 ribu hektar termasuk kawasan hutan konservasi dan hutan lindung.

“Ada 25 hektar tanah yang diplot untuk bibit pohon, dan diharapkan masyarakat dapat menanam lagi tanaman yang sesuai dengan kultur tanah dan tetap menghasilkan ekonomis seperti pohon kopi, pohon alpukat, dan pohon rempah, dan tidak menanam sayuran dilahan yang akan dialihkan fungsinya,” kata Ipong

Source Hijaukan Hulu Citarum, 25 Hektar Lahan PTPN VIII Akan Ditanami Bibit Pohon

Leave A Reply

Your email address will not be published.