Hibah Bina Lingkungan Pelindo III Bebas Pungutan

17

09 Mei 2016

Surabaya  Pelindo III menjamin setiap penyaluran dana hibah Program Bina Lingkungannya bebas dari segala bentuk pungutan. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Komunikasi Pelindo III Husein Latief saat memberikan sambutan di dalam penyaluran Program Bina Lingkungan Tahap II sebesar Rp 1,3 miliar, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (3/5).

“Kami menjamin tidak ada pungutan. Baik itu pungutan administrasi, transportasi atau pungutan lainnya. Jadi yang Bapak dan Ibu (penerima bantuan) terima utuh sesuai nominal yang disalurkan,” tegasnya.

Pria kelahiran Solo 15 Juni 1958 tersebut menambahkan bahwa para petugas Pelindo III yang melakukan proses penyaluran dana Program Bina Lingkungan baik survey maupun pengurusan dokumen telah dibekali uang transportasi dan akomodasi dari Pelindo III.

“Jadi sekali lagi Bapak dan Ibu tidak perlu memberikan uang atau barang dalam bentuk apapun kepada para petugas kami,” tegasnya.

Upaya ini merupakan bentuk komitmen dari Pelindo III untuk melaksanakan prinsip-prinsip good corporate governance (GCG/tata kelola perusahaan yang baik) seperti transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, dan kewajaran dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan. Oleh karena itu, Pelindo III mendorong kepada para calon atau penerima bantuan untuk tidak memberikan uang atau barang apapun kepada para petugas serta berani menolak apabila ada petugas yang meminta pungutan.

“Hal ini akan membantu Pelindo III dalam menegakan prinsip-prinsip GCG. Apabila ada petugas yang meminta-minta jangan segan-segan untuk melaporkan kepada kami,” ujarnya.

Dana Program Bina Lingkungan yang disalurkan pada kesempatan tersebut, diserahkan pada 72 obyek penerima yang terbagi dalam empat kategori, yakni sarana peribadatan, pendidikan, pengentasan kemiskinan, serta sarana dan prasarana. Sejumlah 28 penerima berlokasi di Kota Surabaya dan 44 lainnya berada pada berbagai wilayah di Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya pada tahap I BUMN kepelabuhanan tersebut telah menyerahkan senilai Rp 881 juta, sedangkan untuk tahap III akan dicairkan pada kuartal akhir tahun ini. Sejak tahun 1996, Pelindo III sudah rutin menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Sesuai peraturan, obyek penerima diutamakan yaitu masyarakat yang berada di wilayah kerja Pelindo III yang mengelola 43 pelabuhan di tujuh provinsi. Di Provinsi Jawa Timur, Pelindo III mengelola Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, Gresik di Gresik, Tanjung Tembaga di Probolinggo, Tanjung Wangi di Banyuwangi, dan Pelabuhan Kalianget di Sumenep. Penyaluran tahap II tersebut juga termasuk dana CSR (corporate social responsibility) dari anak usaha Pelindo III, Terminal Teluk Lamong, senilai Rp 310 juta.

Source Hibah Bina Lingkungan Pelindo III Bebas Pungutan

Leave A Reply

Your email address will not be published.