Hasil Bulan Dana PMI Rp 1,060 Miliar

32

06 Januari 2015

Cilacap – Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Cilacap 2014, berhasil menghimpun dana Rp 1.060.289.895. Perolehan tersebut merupakan yang tertinggi di Provinsi Jateng. Hasil tersebut diserahkan Asisten Sekda Wasi Ariyadi, selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI 2014, kepada Bupati Tatto Suwarto Pamuji. Selanjutnya, Bupati menyerahkan kepada Ketua PMI Cilacap, Bambang Toedjiono. Penyerahan dilakukan di Ruang Gadri Pendapa Wijayakusuma, Senin (5/1).

Menurut Wasi Aryadi, bulan dana PMI berlangsung selama tiga bulan, mulai 1 September sampai 31 Nopember 2014. Besar target yang ditetapkan Rp 1.263.493.800. Tetapi dana yang berhasil terkumpul Rp 1.060.298.895 atau 83,92 persen dari target. Meski tidak mencapai target, jika dibandingkan hasil perolehan 2013, jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 6,98 persen. Hasil bulan dana PMI 2013 sebesar Rp. 991.948.492.

”Ada beberasa sasaran pelaksanaan bulan dana PMI 2014. Segmen sasaran yang sudah berjalan yaitu kepala keluarga, anggota Korpri, wajib pajak kendaraan bermotor, anak sekolah dan pelanggan PDAM,” katanya. Adapun segmen sasaran baru yang digarap tahun ini, yaitu pengguna transportasi laut, bus, dan kereta api. Kemudian pengguna jasa penginapan, para pembeli di toko modern dan penerima jasa layanan pada Dishubkominfo, termasuk di PT Pelindo III Cilacap.

Dituntut Berkiprah Ketua PMI Cilacap, Bambang Toedjiono, mengatakan PMI dituntut semakin berkiprah dalam bidang kemanusiaan. Beberapa catatan kiprah PMI selama 2014, antara lain memberi layanan ambulans gratis untuk menjamin transportasi bagi pasien dari kalangan keluarga tidak mampu dan mengirim sukarelawan ke lokasi bencana tanah longsor di Banjarnegara. Para sukarelawan itu memiliki spesifikasi di bidang logistik, dapur umum, dan evakuasi.

”Kami juga melakukan pembebasan tanah di belakang markas PMI seluas 42 ubin untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat. Kemudian mengadakan bakti sosial berupa operasi katarak bagi 139 orang dan beberapa kegiatan yang lain,” katanya. Bupati Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, peningkatan dana yang diperoleh melalui bulan dana PMI 2014 jangan lantas membuat cepat berpuas diri. Perolehan tersebut hendaknya menjadi penyemangat agar hasil perolehan tahun berikutnya terus meningkat.

“Kami minta tetap dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Perlu dicari penyebab hasil tidak mencapai target dan apa langkah-langkah yang perlu diambil, sehingga setiap target dapat terealisasi,” katanya. Menurut Bupati, ke depan kerja keras dan kerja sama segenap panitia bulan dana PMI masih harus ditingkatkan. Selain itu, ini yang tidak kalah penting, PMI harus terus berupaya meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat pengumpulan dana PMI. Masyarakat harus tahu bahwa Uang yang disisihkan untuk kepentingan kemanusiaan. ”Kami juga perlu mengingatkan, bahwa dana yang terkumpul dihimpun dari masyarakat sehingga penggunaannya harus dilakukan secara efisien, efektif, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata dia.

Source Hasil Bulan Dana PMI Rp 1,060 Miliar

Leave A Reply

Your email address will not be published.