HARGA KARET: Tertekan Penurunan Penjualan Mobil Baru China

30

18 Agustus 2015 —¬†Jakarta Pasokan karet global berpotensi makin menumpuk setelah penjualan mobil baru di China sampai bulan lalu menyusut. Harga karet pun mendekati level terendah dalam sepuluh bulan terakhir. Pada perdagangan hari ini sampai pukul 13:35 WIB, harga karet di Tokyo Commodity Exchange (Tocom) turun 1,74% menjadi 186,9 yen per kg. Colin Hamilton, Kepala Riset Komoditas Macquarie Group Ltd., mengatakan tidak ada satu orang pun yang berekspektasi penjualan otomotif global begitu lemah.

“Ini akan membuat disinflasi secara global yang diawali dari China. Kondisi ini berarti menjadi pertanda buruk untuk harga komoditas ke depannya,” ujarnya seperti dilansir Bloomberg pada Selasa (18/8/2015). Pada bulan lalu, konsumen otomotif di China mengalami penurunan pembelian kendaraan baru ke level 17 bulan terendah. Kondisi ini makin memberikan sinyal bahwa perlambatan permintaan otomotif secara global pun masih akan melambat.

Naohiro Nimura, Partner dari Market Risk Advisory, mengatakan fundamental karet kian memburuk. Pasokan terus meningkat dan pertumbuhan China malah melambat. “Kejatuhan bursa saham China beberapa waktu lalu masih memberikan efek negatif untuk konsumsi masyarakat terutama untuk pembelian otomotif,” ujarnya.

Source HARGA KARET: Tertekan Penurunan Penjualan Mobil Baru China

Leave A Reply

Your email address will not be published.