Gunakan Ambulance Boat, Pertamina EP Gelar Pengobatan Gratis di Daerah Terpencil

13

22/7/2019 | SEMBAKUNG – PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field (PEP Tarakan) kembali melaksanakan program tanggung jawab sosialnya pada Sabtu (13/7). Fokus pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di Desa Tepian, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan sebagai wilayah ring 1 PEP Tarakan, tim Legal & Relation bersama dengan tim Medical PEP Tarakan, melaksanakan kegiatan ambulance boat dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Desa Tepian.

Desa yang hanya dapat dijangkau melalui moda transportasi air seperti perahu tradisional/speed boat ini, merupakan salah satu desa dengan jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan Sembakung. Sejumlah 264 kepala keluarga Desa Tepian hanya memiliki satu fasilitas kesehatan berupa puskesmas pembantu (pustu), yang dijalankan oleh satu orang mantri dan satu orang bidan sebagai petugas pelayanan kesehatan. Sementara itu, untuk menuju puskemas induk di pusat Kecamatan Sembakung memerlukan waktu tempuh 3 jam.

Kegiatan pengobatan gratis yang dilaksanakan PEP Tarakan ini bertujuan untuk membantu masyarakat Desa Tepian yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan yang layak. PEP Tarakan juga melibatkan mantri dan kader posyandu dalam kegiatan pengobatan serta penyuluhan kesehatan. Selain pengobatan gratis untuk umum, tim PEP Tarakan juga memberikan obat cacing dan makanan bergizi bagi balita.

Tim Medical PEP Tarakan, dr. Vardian Dika menyampaikan bahwa kesehatan merupakan suatu aspek yang holistik ditinjau dari berbagai macam faktor kehidupan baik dari segi ekonomi, pendidikan, infrastruktur, kebijakan hingga budaya setempat. “Kondisi Desa Tepian memiliki banyak keterbatasan akses termasuk di bidang kesehatan. Dengan populasi sekitar 260 kepala keluarga hanya terdapat satu mantri dan satu bidan dibantu dengan enam kader posyandu. Ini merupakan pekerjaan rumah kita bersama untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di sini. Pengobatan gratis bukan hanya satu-satunya jalan keluar yang ditawarkan. Lebih dari itu, pemberdayaan kader kesehatan, pemanfaatan sumber daya alam sekitar, dan pemahaman warga akan konsep hidup sehat jauh lebih penting diutamakan. Maka dari itu, Tim Medical dan Tim LR PEP Tarakan akan secara berkala melakukan pelatihan kader kesehatan, penyuluhan dan kegiatan promotif preventif lainnya guna menunjang tercapainya taraf kesehatan yang lebih baik di Desa Tepian,” ujarnya.

Kepala Desa Tepian Nurdiansyah menyampaikan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan PEP Tarakan. “Alhamdulillah kami merasa sangat terbantu dengan adanya program CSR pengobatan gratis dari Pertamina EP Tarakan, mengingat lokasi desa kita yang jauh dari puskesmas utama dan juga belum memiliki fasilitas kesehatan yang layak. Kegiatan ini selalu mendapat respon yang sangat baik dari warga kami. Ini terlihat dari antusiasme dan jumlah warga yang hadir. Semoga kegiatan seperti dapat terus dilaksanakan secara rutin karena dapat membangun hubungan yang positif antara warga desa dan perusahaan,” ujar Nurdiansyah.

PEP Tarakan merupakan salah satu lapangan produksi migas di bawah pengawasan Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5). PEP Tarakan beroperasi di Kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Menurut data produksi tanggal 30 Juni 2019, total produksi minyak mentah PEP Tarakan mencapai angka 2.471 barrel oil per day (BOPD) dengan target 2.556 BOPD. Sedangkan untuk produksi gas sendiri mencapai 2,60 million standard cubic feet per day (MMSCFD). Produksi minyak mentah PEP Tarakan Field menyumbang 13,80% dari produksi minyak mentah PEP Asset 5. Sedangkan produksi gas PEP Tarakan Field menyumbang 15,69% dari produksi gas PEP Asset 5.

Source Gunakan Ambulance Boat, Pertamina EP Gelar Pengobatan Gratis di Daerah Terpencil

Leave A Reply

Your email address will not be published.