Gubernur Sulbar Salut dengan Atraksi Tim SMN Sumut

84

Senin, 15 Agustus 2016 08:45:03

Di tengah kesibukannya yang demikian padat, Gubernur Sulawesi Barat,  Anwar Adnan Saleh menyempatkan diri untuk melepas Tim Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Provinsi Sumatera Utara di kediamannya di Mamuju (08/08). Dalam kesempatan tersebut, gubernur tampak menikmati salah satu budaya khas Sumut, yaitu tarian Tor-Tor dan sempat mengenakan kain Ulos yang disematkan oleh salah satu peserta. Dalam sambutannya, gubernur sangat mengapresiasi kegiatan SMN ini. Menurutnya,  dengan kegiatan tersebut para pelajar menjadi lebih terbuka dalam menerima perbedaan.

“Usul, hendaknya untuk tahun berikutnya, kalau bisa diperpanjang waktunya. Dengan demikian anak-anak lebih leluasa dalam menggali budaya setempat,” komentar Anwar.

Untuk diketahui, Tim beranggotakan 20 orang siswa terseleksi dari berbagai kabupaten/kota di Sumut itu telah berada di Mamuju sejak awal Agustus 2016 dan memperoleh banyak pengalaman berharga untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada rekan lainnya di Sumut. Misalnya, makanan khas masyarakat Sulbar seperti “Jepa” dan “Kalumpang”, berkunjung ke pantai Dato Majene, dan  diperkenalkan pakaian adat Mamuju yaitu baju Bodo` dan baju Pokko. Ada juga rumah adat Mamuju yang bentuknya seperti rumah panggung dan menggunakan kayu hitam sebagai tiangnya. Mewakili PT INALUM (Persero) sebagai BUMN PIC pelaksana BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Sumut, General Manager Human Resources INALUM, M. Rozak Hudioro menyampaikan apresiasinya atas dukungan dan fasilitas yang diberikan Gubernur Sulbar dan jajarannya kepada Tim SMN Sumut.

“Budaya Sulbar yang demikian beraneka  ragam pastinya akan memberi kesan mendalam kepada siswa kami. Semoga nilai-nilai positif yang diperoleh dapat mempertebal kecintaan siswa terhadap Nusantara,” cetus Rozak yang didampingi Manajer SDM Ismail Midi.

Manajer Humas Mahyaruddin Ende, Kabag PKBL PTPN IV, Ali Musri, dan pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, Anthea Hutauruk. Program SMN ini digagas oleh Kementerian BUMN bertujuan untuk membangun capacity building melalui generasi penerus bangsa. Selain itu, KBUMN berharap para calon pemimpin ini dapat memahami keanekaragaman budaya dan adat istiadat dari daerah lain sehingga kelak mereka memiliki wawasan kebangsaan dan pemahaman yang utuh tentang Bhinneka Tunggal Ika.

Source Gubernur Sulbar Salut dengan Atraksi Tim SMN Sumut

Leave A Reply

Your email address will not be published.