Gubernur Sulbar: pembangunan rel kereta api dimulai 2018

54

29 April 2016

Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh mengatakan, pemerintah pusat berencana mulai tahun 2018 melaksanakan pembangunan jaringan rel kereta api di Sulbar. Ia menjelaskan, merujuk pada perencanaan pemerintah pusat, Sulbar masuk proyek Jalur Kereta Api Trans Sulawesi (Celebes Train Route).

“Rapat koordinasi dengan pemerintah di kabupaten telah dilakukan mengenai rencana pembangunan infrastruktur ini. Biaya pembebasan lahan yang akan dilalui oleh rel kereta api itu tanggung jawab pemerintah pusat dengan harga yang sudah sesuai,” katanya.

Ia menjelaskan, sebagai langkah awal pembangunan rel kereta api maka akan disusun rencana induk dan analisis mengenai dampak lingkungan, kemudian pada 2017 dilakukan pembebasan lahan. Pembangunan rel kereta api tersebut tahap awal akan dimulai dari Pare-Pare (Sulawesi Selatan) sampai ke Mamuju, ibu kota Provinsi Sulbar dengan panjang lintasan 225 kilometer. Selanjutnya akan dibangun juga rel jalur Mamuju hingga Palu (Sulawesi Tengah) dengan panjang lintasan 295 kilometer. Pemerintah di Sulbar telah berkomitmen mengalokasikan anggaran untuk menyusun master plan dan amdal sebesar Rp2 miliar dan pemerintah pusat bersedia mengalokasikan anggaran pembangunan rel kereta api di Sulawesi sebesar Rp31 triliun.

Source Gubernur Sulbar: pembangunan rel kereta api dimulai 2018

Leave A Reply

Your email address will not be published.