Global Tin Mining Company PT Timah Tbk dan Topwide Ventures Limited Nigeria Sepakati Kerjasama

36

Jakarta 10 Desember 2017

Bertempat di Abuja Nigeria Senin 10/12/2017, PT Timah Tbk menegaskan visinya sebagai Global Mining Company dengan melaksanakan penandatanganan Joint Venture Agreement (JVA) bersama sebuah perusahaan yang berkedudukan di Nigeria, Topwide Ventures Limited. Kerjasama ini merupakan implementasi investasi bertahap dan penyertaan modal internal PT Timah Tbk dalam perusahaan Joint Venture Co yang dibentuk oleh kedua perusahaan yang akan mengelola eksplorasi, operasi penambangan, processing dan pemurnian, pengangkutan, penjualan & pemasaran timah dan mineral turunan yang berada di Nigeria.

Penandatanganan JVA ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi dan Chairman Topwide Ventures Limited Clement Annie Okonkwo di Hotel Fraser Abuja, Nigeria. Penandatanganan JVA disaksikan oleh Director Planning, Research and Statistic Davis Olakode mewakili Minister of Mines and Steel Development Nigeria, Duta Besar RI untuk Nigeria Harry Purwanto, Chairman Solid Minerals Development Fund Alhaji Saidu Malami, dan Distinguished Senator Ibrahim Mantu, Former Deputy Senate President of Nigeria juga CEO Topwide Ventures Ltd Tony Okonkwo, Executive Director Uchenna Harris Okonkwo dan Corporate Secretary Mrs. Christie Ndubuisi.

Duta Besar Indonesia untuk Nigeria Harry Purwanto menegaskan bahwa langkah PT Timah Tbk untuk melaksanakan kerjasama internasional ini adalah sebuah langkah yang monumental, bersejarah dan strategis khususnya untuk hubungan baik kedua negara. “PT Timah Tbk adalah perusahaan dengan kendali pemerintah Republik Indonesia pertama yang melaksanakan perluasan bisnis di Nigeria. Ini adalah contoh yang baik untuk investor indonesia yang ingin berinvestasi di Nigeria. Kedepan kita akan melihat bersama bahwa proyek ini diharapkan berjalan baik dan menimbulkan benefit tidak hanya untuk Nigeria tapi juga untuk Indonesia. Untuk itu kami berterimakasih kepada PT Timah atas terealisasinya kerjasama ini” jelas Harry.

Joint Venture Co ini kedepan akan mengoptimalkan areal konsesi pertambangan seluas 16.000 Ha dan ditargetkan di tahap awal memiliki kapasitas produksi hingga 5.000 Mton ingot per tahun. Dalam waktu dekat, direncanakan perusahaan yang berbasis di Afrika Barat ini akan segera menyelesaikan proses awal untuk dapat membangun pabrik dan ditargetkan pada tahun 2018 sudah dapat memulai konstruksi.

Chairman Topwide Venture Limited Annie Okonkwo menyatakan bahwa Kerjasama kedua perusahaan adalah sebuah langkah yang akan memberikan dampak positif terhadap ekonomi tidak hanya untuk Nigeria namun juga untuk Afrika.

PT Timah Tbk memulai gebrakan setelah beberapa waktu lalu resmi menjadi bagian dari Holding Industri Pertambangan Indonesia, kini PT Timah Tbk melaksanakan lompatan ke kancah global dimana Nigeria menjadi perluasan bisnis perusahaan. Perusahaan melihat Nigeria sebagai penghasil timah yang potensial secara deposit dan juga memiliki sejarah panjang tentang pertimahan dunia.

Disampaikan Direktur Utama PT Timah Tbk, M Riza Pahlevi, dengan penandatanganan JVA tersebut, PT Timah Tbk sebagai salah satu perusahaan pertambangan timah terintegrasi terbesar didunia tentunya sangat senang dapat membangun kerjasama dengan Topwide Ventures Limited. Kerjasama ini juga diperkuat dengan dukungan penuh pemerintah Nigeria. “Semoga kerjasama ini dapat memberikan keuntungan tidak hanya bagi kedua perusahaan namun juga kepada Indonesia dan Nigeria sebagai Negara” Tegas Riza

Di tempat yang sama, Chairman Solid Minerals Development Fund Alhaji Saidu Malami mengatakan, kemitraan dengan PT Timah diharapkan akan mewujudkan industri pertimahan di Nigeria dan menjadikan Nigeria sebagai negara yang memiliki peranan dan menjadi perhatian dunia. “Jelas bagi kami PT Timah Tbk adalah salah satu dari perusahaan pertambangan timah terbaik di dunia dan kami sangat excited menjadi bagian dari itu dan juga kami berbangga menjadi negara penghasil timah yang penting untuk dunia.” lugas Malami.

Dengan kerjasama ini diharapkan PT Timah Tbk semakin concern mewujudkan visi untuk tumbuh berkembang menjadi Perusahaan Pertambangan Timah berkelas dunia.

Untuk Informasi :
Corporate Secretary (Amin Haris Sugiarto)
0811140247
Humas (Anggi Siahaan)
081273090972

Source Global Tin Mining Company PT Timah Tbk dan Topwide Ventures Limited Nigeria Sepakati Kerjasama

Leave A Reply

Your email address will not be published.