Genium Generator Robot Getah Perhutani Lawu Ds

14

LAWU DS, PERHUTANI (28/4/2015) | Perhutani Lawu Ds mempunyai inovasi baru bidang sadapan getah dengan hadirnya genium generator hasil karya Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Guyangan, Sumiran wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ponorogo Barat Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds.

Genium generator merupakan modifikasi generator atau mesin diesel yang berkapasitas 5 PK untuk menyaring getah. Dengan alat ini dari hasil uji coba yang dilakukan, waktu penyaringan lebih cepat dimana getah 1 ton mampu disaring dalam waktu 1,5 jam dengan menghasilkan getah premium sebanyak 900 kg. Jika menggunakan alat manual waktu yang diperlukan untuk menyaring 1 ton bisa sampai 3 – 5 jam.

Sumiran, ditengah kesibukannya sebagai karya Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Guyangan masih menyempatkan waktu untuk membuat terobosan guna mempermudah pekerjaannya. Laki-laki yang lahir 50 tahun silam ini, berpikir keras untuk membuat alat yang mempermudah menyaring getah pinus untuk menghasilkan mutu yang bagus. Tentu apa yang dilakukan sebagai bentuk upaya mengamankan target dan meningkatkan mutu getah.

Sumiran mengatakan, genium generator ini dilatar belakangi dirinya melihat dan merasakan kendala proses penyaringan getah menjadi mutu I, maupun mutu premium. Apalagi dirinya juga mempunyai tambahan target mutu getah premium yang lebih besar lagi tahun ini.

Wakil Administratur KPH Lawu Ds, Dedi Nurhadi yang melihat langsung cara kerja alat ini sangat berterimakasih dan mengapresiasi alat yang menjadi inovasi. Harapannya, alat ini bisa dikembangkan lebih banyak lagi sehingga apa yang menjadi target mutu getah perusahaan khususnya KPH Lawu Ds dicapai sesuai dengan harapan.

Source Genium Generator Robot Getah Perhutani Lawu Ds

Leave A Reply

Your email address will not be published.