Geliat Teh Hitam Perkebunan Kertasari Menjelajah hingga ke Rusia

6

23 Agustus 2019 | Jakarta – Jarum jam menunjukkan pada angka lima pagi. Kompleks perkebunan teh Kertasari masih terasa sunyi. Sesekali tampak ada orang berjalan menggunakan sarung di pinggir jalan. Memasuki Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, kabut tipis menyeruak. Sejauh mata memandang, perkebunan teh ini bagaikan hamparan permadani hijau.

Suasana gelap gulita perlahan mulai berganti terang seiring matahari menyinari bumi. Beberapa warga pun tampak mulai bergegas menuju perkebunan.

Kamis (18/7/2019) pagi, suhu dingin menyelimuti kawasan dataran tinggi Kertasari. Bahkan, suhunya lebih dingin dari biasanya. Salah satu aktivitas warga yang kami temui adalah memetik pucuk daun teh.

Mereka berkebun menggunakan tudung atau topi dari bambu. Namun mengingat dinginnya suhu, para buruh petik teh membakar ranting-ranting yang kering, supaya tubuh mereka tetap hangat.

Udara yang sangat sejuk dan asri disambut mentari terbit memberikan kenyamanan saat berada di sini. Seperti yang ditunjukkan Uga (46), seorang buruh petik teh wanita.

Dia menawarkan minuman hangat dalam sebotol plastik. Cairan berwarna kuning itu cukup memberikan kehangatan di tenggorokan.

“Itu teh asli sini. Setiap hari kami bawa sebagai bekal,” kata Uga.

Konon, orang yang rajin minum teh biasanya terbebas dari serangan flu. Teh juga bisa menurunkan kolesterol dan daunnya dapat digunakan untuk pemutih atau penghalus kulit wajah.

Waktu terus beranjak. Uga bersama enam buruh petik lainnya di perkebunan teh Kertasarimemanfaatkan waktu sarapan sebelum memetik pucuk. Di hadapan mereka ada berbagai perbekalan nasi lengkap dengan lauk-pauknya.

“Kerjanya mulai jam 6. Berangkat dari rumah, sampai di sini sarapan dulu,” kata Uga.

Selain Kecamatan Ciwidey yang terkenal dengan hamparan kebun teh Rancabali, kawasan Bandung selatan masih mempunyai kecamatan dengan keindahan serta panorama alam yang tidak kalah menarik. Salah satu kecamatan tersebut adalah Kertasari.

Seperti halnya Ciwidey, Kertasari merupakan kecamatan yang memiliki jalur perkebunan teh di Bandung selatan. Untuk menyusuri keindahan panorama kebun teh di kecamatan ini bisa dari dua arah yang berlawanan. Perjalanan bisa dimulai dari Pangalengan atau dari Ciparay ke Kertasari.

Source Geliat Teh Hitam Perkebunan Kertasari Menjelajah hingga ke Rusia

Leave A Reply

Your email address will not be published.