Gagal Pertahankan Posisi Pembukaan, Harga Karet Tocom Kembali Terpukul

49

20 Agustus 2015 —¬†Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo Kamis pagi ini harga karet alami berjangka masih melanjutkan pergerakan negatifnya Harga karet alami berjangka dibuka menguat tetapi tidak mampu menahan tekanan jual yang masih kuat terjadi di bursa komoditas tersebut. Yen yang menguat menjadi penghalang harga karet untuk rebound.

Harga karet alami berjangka Tocom makin terpuruk di teritori negatif. Para pelaku pasar terus melakukan aksi jual di tengah tekanan yang dihadapi oleh harga minyak mentah. Di perdagangan sesi Asia pagi ini harga minyak mentah masih bergerak di kisaran terendahnya dalam 6,5 tahun belakangan. Sementara itu nilai tukar yen hari ini terpantau melemah tetapi masih berada di kisaran tertingginya sejak akhir bulan Juli lalu. Apresiasi yen yang terjadi membuat harga karet alami di Tocom menjadi relative lebih mahal bagi pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan terhadap komoditas tersebut mengalami penurunan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Januari 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 185,5 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami pembukaan yang menguat dengan cukup signifikan yaitu sebesar 1,9 yen atau setara dengan 1 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga terpantau telah melorot dari posisi pembukaan dan berada di teritori negative pada posisi 183,4 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori negatif. Lesunya pergerakan harga minyak mentah membuat tekanan jual makin besar terhadap harga karet alami berjangka Tocom. Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 180,00 yen. Support selanjutnya ada di 175,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 190,00 yen dan 195,00 yen.

Source Gagal Pertahankan Posisi Pembukaan, Harga Karet Tocom Kembali Terpukul

Leave A Reply

Your email address will not be published.