Fokus Pada Bisnis Internasional, Telkom Bangun Data Center di Singapura

26

Singapura, 5 Juni 2015 – PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (“Telkom”) melalui entitas anak usahanya Telekomunikasi Indonesia International Pte. Ltd. Singapore (Telin Singapore) membangun Telin Singapore Data Center and Telecommunication Hub yang terletak di Singapura. Pembangunan ini diresmikan melalui groundbreaking ceremony oleh pemerintah dari kedua negara yaitu Menteri BUMN Indonesia, Rini M. Soemarno dan Senior Minister of State (Trade and Industry), Lee Yi Shyan di Jurong, Singapura (5/6). Turut hadir Duta Besar Indonesia untuk Singapura Dr Andri Hadi, Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga, Direktur E-Business Ir. Azhar Hasyim, M.IT, Top Management dari IDA/EDB Singapura, serta para partner dan pelanggan Telin Singapore.

Telin Singapore Data Center and Communication Hub merupakan salah satu bentuk sinergi regional antara Indonesia dengan Singapura. Hal ini ditandai dengan kepercayaan Pemerintah Singapura kepada Telin Singapore untuk membuka data center di Jurong. Data center yang dinamakan Telin-3 ini menjadi data center ketiga yang dimiliki dan dikelola oleh Telin Singapore setelah data center yang berada di Changi dan Tai Seng.

Telin Singapore, sebagai anak perusahaan Telin, melalui proses tender telah dipercaya oleh Pemerintah Singapura, yaitu Infocomm Development Authority of Singapore (iDA), Singapore Economic Development Board (EDB) dan Jurong Town Corporation (JTC) untuk membangun dan mengoperasikan data center di Jurong. Data center tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 8,000 meter persegi dengan gross floor area seluas 20,000 meter persegi berupa gedung 5 lantai. Data center yang ditargetkan beroperasi pada triwulan ketiga tahun 2016 tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi Telin Singapore sebagai strategic hub bagi Telkom Group yang menghubungkan Indonesia dengan belahan dunia lainnya.

Menurut riset sebuah perusahaan penelitian teknologi, TechNavio, pasar data center di Asia Tenggara diharapkan berkembang hingga CAGR, mencapai 18.05% dari tahun 2014 hingga 2019, didorong dengan meningkatnya kebutuhan untuk cloud computing dan big data analytics.

Telin-3 dirancang untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan layanan data center premium, tidak hanya di Singapura namun juga untuk kawasan regional dan global market dimana Telin Singapore akan berperan sangat penting dalam menyediakan layanan konektivitas telekomunikasi global yang dapat diandalkan, aman dan stabil. Fasilitas ini dibangun untuk memenuhi desain Multi-Tier dan dapat beroperasi secara optimal.

CEO Telkom Group Alex J Sinaga mengatakan, Telin-3 akan memperkuat strategi inisiatif bagi bisnis internasional Telkom Group. “Telin-3 merupakan salah satu investasi kami di luar negeri yang sejalan dengan strategi pertumbuhan untuk memperkuat layanan kami dalam rangka menghubungkan mitra bisnis dan pelanggan dalam suatu digital supply chain,” ungkap Alex J. Sinaga.

Alex menambahkan, aksi korporasi ini merupakan sebuah pengalaman dan kesempatan yang baik bagi Telkom Group dalam memulai pengembangan data center dan hub telekomunikasi, sehingga mampu mendorong pertumbuhan data creation dan digital business ecosystem untuk menciptakan pertumbuhan kompetitif yang berkelanjutan bagi kita semua dalam industri ICT.

Sementara itu, Septika Noegraheni Widyasrini, CEO Telin Singapore mengatakan, groundbreaking ceremony Telin-3 menandai suatu langkah penting bagi Telin Singapore. “Ini merupakan kerjasama yang kedua Telin Singapore di bawah Special Direct Investment Incentive Scheme dengan EDB, iDA, dan JTC setelah investasi fasilitas pertama kami di Changi. Telkom Group telah berinvestasi selama beberapa tahun belakangan ini untuk membangun dan memperoleh aset strategis, kini kami akan segera memiliki infrastruktur terbaru dengan selesainya pembangunan Telin-3,” jelas Septika.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan penyedia jaringan terluas dan terbesar di Indonesia, Telkom terus berkomitmen untuk mengalokasikan resource-nya dengan memberdayakan infrastruktur dan network yang dimiliki. Melalui Telin selaku anak usaha yang berfungsi sebagai perpanjangan tangan dalam menjalankan bisnis internasional, Telkom telah hadir melalui footprint di sepuluh negara, salah satunya di Singapura.

Source Fokus Pada Bisnis Internasional, Telkom Bangun Data Center di Singapura

Leave A Reply

Your email address will not be published.