Focus Group Discussion (FGD) Komoditi Teh di Kebun Malabar PTPN VIII

19

19 Januari 2018 —  Bandung  Tanggal 19 Januari 2018 bertempat di Kebun Malabar PTPN VIII, kebun komoditi teh kembali mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Dewan Komisaris dan jajaran Direksi guna membahas seputar program pencapaian kinerja RKAP 2018 yang telah ditetapkan oleh pemegang saham.

Produk Teh PTPN VIII pada umumnya merupakan produk ekspor, oleh karena itu pengembangan dan peningkatan daya saing  dalam memasarkan produk bukanlah menjadi hal yang mudah akan tetapi harus ditempuh dengan berbagai upaya untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan. Salah satu upaya itu antara lain dengan membangun sistem pemasaran yang kuat melalui penerapan new labelling system pada produk teh yang memiliki karakteristik Unggul/Unik/Langka, misalnya karakter harum

(RBS/RB3, Gambung 7, Assamica) atau seperti new product purple tea(Teh Ungu) yang banyak diminati pasar luar negeri karena memiliki banyak khasiat seperti anti kanker, memperbaiki penglihatan, menurunkan kolesterol dan metabolisme gula darah, kaya akan antosianin dan mengandung katekin rendah. Nilai manfaat yang diperoleh seperti ini lah diharapkan menjadi daya Tarik dan memiliki keunggulan tersendiri tidak hanya memberikan high value tea dan special teatetapi juga sustainability.

Grand Design Tea Comodity of PTPN VIII kedepan agar diarahkan untuk menghasilkan feature tea product yang memiliki karakteristik Unggul/Unik/Langka (High Value Tea & Special Tea) sehingga dapat membentuk new market Growing Business in new model, untuk dapat memenuhi hal tersebut dibutuhkan suatu strategi  pemasaran yang dituangkan dalam business plan(program revitalisasi) yang didukung dengan business analysis dan market analysis agar tergambarkan dengan jelas arah pengembangan teh PTPN VIII.

Diharapkan strategi pemasaran melalui penerapan new labelling system pada produk teh yang memiliki karakteristik Unggul/Unik/Langkaini selain dapat meningkat keuntungan, juga sudah barang tentu dapat meningkatkan kualitas, memenuhi  keinginan pasar, menampilkan citra produk secara keseluruhan dengan baik dan juga tentunya sustainable.

Source Focus Group Discussion (FGD) Komoditi Teh di Kebun Malabar PTPN VIII

Leave A Reply

Your email address will not be published.