Finalis Pelindo III Journalist Award 2015 Ikuti Press Tour Ke Pelabuhan Banjarmasin

18

12 Maret 2016

Banjarmasin – Sebagai bentuk apresiasi terhadap para wartawan media cetak, televisi, online dan radio yang menjadi finalis Pelindo III Journalist Award 2015, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau biasa disebut Pelindo III mengajak 24 wartawan terpilih tersebut untuk berkunjung ke salah satu pelabuhan yang ada di wilayah kerjanya, Pelabuhan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Walaupun kedatangan rombongan peserta Press Tour Pelindo III Journalist Award disambut oleh cuaca hujan deras, namun tidak menyurutkan antusiasme mereka. Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto dan Asisten Manajer Hukum dan Humas Pelindo III Banjarmasin, Arief Yarmanto menyambut dan langsung mengajak untuk merncicipi aneka makanan khas Banjar. Termasuk suguhan olahan ikan sungai yang memberikan kesan tidak terlupakan dari kota berjuluk Kota Seribu Sungai itu. Para jurnalis dan Pelindo III berbincang akrab menikmati malam bersama.

Esok pagi harinya, saatnya mengunjungi wisata yang paling terkenal di Banjarmasin, yaitu Pasar Terapung Lok Baintan. Dengan menggunakan alat transportasi air setempat, perahu klotok, sehingga turut merasakan cara bepergian warga Banjarmasin yang akrab dengan sungai. Beberapa wartawan tampak kagum dengan aktivitas di pinggir Sungai Martapura yang membelah kota. Dalam perjalanan pulang pergi selama kurang lebih tiga jam juga melihat landmark Kota Banjarmasin, seperti patung air mancur Bekantan dan Menara Pandang yang ikonik dengan ornamen yang khas. Setelah puas berwisata di Pasar Terapung Lok Baintan, tak lupa singgah menikmati Soto Banjar Bang Amat di warungnya yang juga terapung. Soto Banjar dihidangkan dalam piring besar, dengan nasi dan kuah cukup banyak, ditambah dengan irisan telur rebus, dan suwir daging ayam.

Port Visit Dalam kunjungan ke Pelabuhan Banjarmasin, para wartawan diajak untuk melihat Terminal Penumpang Kapal Laut Bandarmasih yang sudah direnovasi dengan mengusung konsep “Eco Port Friendly”. Berbagai fasilitas yang menyamankan para penumpang sudah tersedia, mulai dari wifi, ruang bermain anak, dan taman burung. Di sisi pelayanan logistik, Edi Priyanto menegaskan Pelindo III terus melakukan pembenahan fasilitas beberapa alat di pelabuhan untuk mempermudah sekaligus memberi layanan angkutan barang peti kemas bagi pengusaha yang menggunakan jalur laut, yakni dengan penambahan crane sebanyak empat buah sejak akhir tahun lalu. Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa tahun ini Pelabuhan Trisakti Banjarmasin akan menargetkan penyelesaian pemnbangunan dermaga peti kemas dengan panjang 96 meter dan lahan seluas 3,2 hektar.

“Pelabuhan Banjarmasin merupakan salah satu pelabuhan yang masuk dalam Program Tol Laut. Kami berharap sinergi pemerintah maupun instansi lain yang terkait, untuk turut serta dalam pengembangan pelabuhan Indonesia. Pelabuhan merupakan bagian ujung tombak kebangkitan perekonomian negara,” ujarnya.

Usai kunjungan di Pelabuhan Banjarmasin, para finalis Pelindo III Journalist Award tak lupa berbelanja oleh-oleh untuk kerabat dan kelularga di rumah. Kerajinan khas di Pasar Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapuramenjadi pilihan untuk berbelanja.

“Kita sangat senang dapat memperkenalkan Pelabuhan Banjarmasin dengan segala ikon Kalimantan Selatan kepada para rekan-rekan media. Pelindo III bersama dengan media massa menggaungkan semangat maritim negeri ini ke masyarakat Indonesia,” tutup Arief Yarmanto.

Source Finalis Pelindo III Journalist Award 2015 Ikuti Press Tour Ke Pelabuhan Banjarmasin

Leave A Reply

Your email address will not be published.