Filosofi Kerja

20

Rabu, 20 Juni 2018 | Istilah kerja sudah tak asing lagi bagi kita. Apalagi jaman sekarang, begitu banyak pemuda sukses bermunculan. Tapi jangan salah, tentunya mereka mempunyai cara kerja yang berbeda pada umumnya.

Kerja sudah menjadi separuh kehidupan bagi manusia. Beragam aktivitas dilakukan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Meski begitu, tidak semua orang tahu apa sebenarnya hakikat dari sebuah pekerjaan. Beberapa orang menilai sebuah pekerjaan hanya dari segi gaji atau jabatan, sedangkan sebagian persen lainya menilai sebuah pekerjaan dari segi kepuasan hati.

Sebenarnya ada filosofi besar dibalik kata ‘kerja’. Kerja bukan hanya sekedar insting untuk mencari materi. Namun pekerjaan bisa menjadi sumber kebahagiaan yang besar jika kita mampu mengendalikannya.

“Saya melihat orang yang bekerja kantoran tapi tidak sesuai dengan minat mereka itu seperti seekor ubur-ubur lembur. Lemah, lunglai hanya hidup mengikuti arus. Lembur sampai malam, tapi tidak bahagia. Tidak menemukan sesuatu yang membuat hidup mereka punya arti” (Raditya Dika). Dari kutipan karya Raditya Dika tersebut, itu merupakan sebuah fenomena pathetic yang banyak terjadi sekarang ini. Sebagai manusia yang mempunyai jatidiri sebagai makhluk yang sempurna, seharusnya bisa melakukan pekerjaan dengan nilai lebih. Lantas apa filosofi kerja itu? Sebenarnya filosofi kerja itu hanya sebatas bagaimana cara kita bekerja, namun selain kita mendapatkan materi, kita juga bisa merasa bahagia. Kebahagiaan inilah yang menjadi point besar dalam filosofi kerja.

First, working on the field. Jika ingin lebih bisa menikmati sebuah pekerjaan. Bekerjalah sesuai bidang yang anda sukai. Karena rasa suka adalah bagian dari cinta, dan cinta adalah komponen utama dalam meraih kebahagiaan.

Second, Work to achieve your dream. Jangan hanya sekedar bekerja. Bekerja di perusahaan orang lain itu tidak jadi masalah. Yang jadi masalah adalah ketika kita terlalu sibuk membangun mimpi orang lain dan melupakan mimpi kita sendiri.

Third, Work smart. Bekerjalah dengan cerdas. Pandai bergaul dengan rekan kerja, inovatif dan kreatif. Jangan membiasakan bekerja dengan cara yang sama setiap hari, tapi ciptakan metode dan teknik baru, agar apa yang kita hasilkan bisa menginspirasi banyak orang.

Fourth, work with a sincere heart. Apapun pekerjaan Anda, lakukan dengan tulus dan penuh penerimaan hati yang ikhlas. Karena dari ketulusan, apa yang kita hasilkan dari pekerjaan akan membuat sebuah perubahan baru.

Itulah 4 konsep makna filosofi kerja yang mungkin belum Anda ketahui selama ini. Terkadang kita perlu pemahaman yang lebih untuk melakukan pekerjaan yang baik. Membangun sebuah rasa pendalaman untuk menyatu dengan pekerjaan. Karena pada dasarnya, pekerjaan yang besar hanya mampu dilakukan oleh orang yang tahu apa makna dari sebuah pekerjaan.

Source Filosofi Kerja

Leave A Reply

Your email address will not be published.