“Executive Leadership Program” Direksi BUMN

36

Rabu, 01 Februari 2017 —¬†Jakarta, Jajaran Direksi Pupuk Indonesia Group menghadiri acara pembukaan Executive Leadership Program (ELP) bagi Direksi BUMN di Istana Negara.

Pembukaan  acara ELP diresmikan oleh Presiden Joko Widodo yang dihadiri sektiar 600 peserta ELP yang hampir seluruhnya merupakan jajaran pimpinan BUMN.

Sejumlah menteri tampak hadir pada kesempatan itu untuk mendampingi Presiden Jokowi di antaranya Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Menteri BUMN Rini Soemarno saat memberikan laporan dalam acara itu mengatakan ELP diadakan untuk menjawab tantangan pemimpin BUMN masa depan yang berintegritas, profesional, dan visioner.
“Selain itu ELP dirancang untuk mengembangkan kapasitas pemimpin yang berwawasan global memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dan tidak lupa memimpin dg hati nurani,” kata Rini.

Pada kesempatan itu, Rini juga melaporkan kinerja BUMN 2017 termasuk jumlah BUMN saat ini yang mencapai 118 BUMN dengan 25 anak perusahaan eks BUMN dan karyawan mencapai lebih dari 1 juta orang.
Pada 2016 belanja modal BUMN mencapai Rp298 triliun atau tumbuh 35 persen dari 2015 dengan fokus belanja pada infrastruktur, enegi, dan konektivitas.
“Dengan demikian aset BUMN tumbuh 10 persen hingga mencapai Rp6.325 triliun sedangkan ekuitas yang mencerminkan nilai investasi permanen pemerintah tumbuh 20 persen hingga mencapai Rp2.234 triliun,” katanya.

Pendapatan usaha BUMN kata Rini, tumbuh 6 persen menjadi Rp1.802 triliun dan laba bersih tumbuh 10 persen hingga mencapai Rp164 triliun.
“Kontribusi BUMN terhadap negara mencapai Rp202 triliun dalam bentuk deviden dan pajak tidak termasuk pendapatan negara bukan pajak,” katanya.

Presiden pada kesempatan itu berpesan agar BUMN berani dan optimistis untuk meningkatkan target investasi.
“Yang ingin saya sampaikan adalah BUMN ini harus berani. Berani apa, kalau saya ya meningkatkan target investasi. Saya mendapatkan laporan 2016, Rp285 triliun, 2017 targetnya 450 triliun, dan 2018 Rp700 triliun. Ini saya ikuti terus loh jangan dipikir saya enggak ikuti saya ikuti terus,” katanya.

Source "Executive Leadership Program" Direksi BUMN

Leave A Reply

Your email address will not be published.