Ethanol 99.5% dari Tetes Tebu

33

Jumat, 8 Juni 2018 | Ethanol merupakan jenis utama dari alkohol yang mempunyai struktur CH3CH2OH atau sering disingkat C2H5OH atau C2H6O. Ada beberapa senyawa alam yang mampu diolah untuk menghasilkan ethanol. Salah satunya dari molasses, yakni sisa pengolahan industri gula.

PT Energi Agro Nusantara (Enero) merupakan perusahaan energi terbarukan yang mengolah molasses (tetes tebu) menjadi ethanol dengan tingkat kemurnian 99.5%. Pabrik ini dirancang khusus untuk memproduksi ethanol fuel grade dengan kapasitas produksi 100 kl/hari. Pembuatan ethanol di PT Enero melalui tahap propagasi, fermentasi, evaporasi, distilasi dan dehidrasi.

Propagasi, merupakan proses awal dalam pembuatan ethanol. Dalam tahap propagasi ini, molasses akan melalui proses dilusi serta penambahan Urea dan NPK sebagai nutisi. Kemudian dilakukan inokulasi yeast (ragi) Saccharomyces Cerevisiae.

Fermentasi, dalam tahap ini membutuhkan waktu beberapa jam untuk proses respirasi anaerobik. Gula yang terkandung akan diproses menjadi ethanol, karbondioksida dan komponen kimia lainnya.

Evaporasi, setelah proses fermentasi selesai cairan akan dialirkan ke evaporator dengan 4 stage (tahap). Pada evaporator tersebut senyawa ethanol akan menguap dan dialirkan ke kolom distilasi.

Distilasi, Proses distilasi dilakukan untuk memisahkan ethanol dari komponen kimia lainnya yang menjadi impurities (pengotor) berdasarkan titik didihnya, sampai kadar ethanol mencapai 90-92%.

Dehidrasi, setelah kadar mencapai 90-92%, akan dilakukan proses akhir dengan menghilangkan kadar air atau disebut dengan dehidrasi hingga kadar ethanol mencapai 99.5%.

Ethanol merupakan zat yang mengandung banyak manfaat untuk kehidupan. Untuk penggunaan terbesar saat ini, ethanol dijadikan sebagai energi bahan bakar, kebutuhan medis, serta untuk kebutuhan industri.

PT Enero akan terus mengembangkan produk bioethanol dalam negeri, mengingat persediaan bahan bakar fosil yang semakin menipis. Bioethanol sendiri merupakan bahan bakar energi terbarukan yang ramah lingkungan, dimana ethanol ini akan menjadikan ketahanan energi yang baik dimasa depan.

Source Ethanol 99.5% dari Tetes Tebu

Leave A Reply

Your email address will not be published.