Dukung UKM, ANTAM Salurkan Bantuan Modal Usaha di Sultra

13

31 Juli 2019 | Sulawesi Tenggara – Dalam mendukung pengembangan ekonomi masyarakat agar mampu mandiri dan memiliki daya saing yang kuat, ANTAM menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp2,5 milliar di Sulawesi Tenggara.

Melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) tahap I tahun 2019, ANTAM Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara (UBP Nikel Sultra) menyalurkan bantuan modal usaha kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

“Anggaran dana bergulir disalurkan kepada 67 mitra binaan yang tersebar di wilayah Kabupaten Kolaka, Konawe Utara (Konut) dan Kota Kendari. Sedangkan penerimanya terdiri dari usaha perdagangan, perikanan, jasa, peternakan dan industry,” ungkap Maemanah selaku Partnership and Community Stewardship Program Assistant Manager ANTAM UBP Nikel Sultra.

Maemanah juga berkata bahwa sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, ANTAM sudah menyalurkan bantuan untuk Program Kemitraan (PK) dengan 743 mitra binaan yang tersebar di Sultra dan Sulawesi Selatan.

Penyaluran Program Kemitraan (PK) tersebut merupakan implementasi dari Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-51, ANTAM mendistribusikan PK ke empat wilayah yaitu Maluku Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Jakarta.

Pada 15 Juni lalu, ANTAM melalui Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara (UBP Nikel Malut) menyalurkan dana pinjaman PK senilai total Rp4 miliar kepada 133 mitra binaan. Sedangkan di Kalimantan Barat, melalui Unit Bisnis Pertambangan Bauksit, ANTAM menyalurkan dana pinjaman PK senilai Rp1,59 milliar untuk 29 mitra binaan.

UBP Nikel Sultra juga melaksanakan bedah rumah “aladin” (atap, lantai, dinding) sebanyak 30 paket untuk warga di Kabupaten Kolaka. ANTAM juga menyalurkan paket perlengkapan Pendidikan dengan terget sebanyak 1.500 paket untuk sekolah dasar di Pomalaa dan Kumoro.

Sementara itu Vice President Human Capital and Corporate Social Responsibility ANTAM UBP Nikel Sultra, Kamsi mengungkapkan bahwa disamping persyaratannya mudah, dana bergulir dari sumber Program Kemitraan juga tidak memiliki bunga sama sekali.

“Kita hanya mengenakan beban jasa sebesar 3 persen, bukan bunga pinjaman. Beban jasa ini juga bukan untuk ANTAM, tapi digunakan untuk membiayai kegiatan penyuluhan dalam rangka meningkatkan portfolio mitra binaan. Dana yang diterima oleh para peminjam juga tidak ada potongan sama sekali,” ujar Kamsi.

Beliau juga mengatakan bahwa dana yang bergulir digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga harus digunakan sebaik-baiknya. Sebab, jika program ini berjalan baik, maka mitra binaan mendapatkan kesempatan untuk menjadi penerima dana ini selama sembilan tahun selanjutnya.

Kegiatan ini telah diberitakan di kendaripos.co.id, antarainsight.id, zonasultra.com pada tanggal 25 Juli 2019 berjudul “ANTAM salurkan bantuan Rp. 2,5 Milliar Modal Usaha.”

Source Dukung UKM, ANTAM Salurkan Bantuan Modal Usaha di Sultra

Leave A Reply

Your email address will not be published.