Dukung Pengembangan UKM, Pelindo III Salurkan Rp 1,1 Miliar

43

02 Juni 2016

Surabaya – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau biasa dikenal dengan Pelindo III melalui Pelabuhan Tanjung Perak kembali menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk tahap II realisasi ke-29 tahun 2016 sejumlah Rp 1,1 miliar, Kamis (2/6) di Surabaya. Sebelumnya selama dua hari, para penerima pinjaman juga mendapatkan pelatihan dari Pelindo III tentang manajemen kewirausahaan, terkait proses kegiatan ekspor dan impor.

“Pemberian pinjaman dan pelatihan ini adalah dukungan Pelindo III untuk membantu usaha para mitra binaan dengan harapan produk-produk yang dihasilkan tidak hanya mampu menguasai pasar lokal, tapi juga bisa merambah ke tingkat nasional bahkan internasional,” kata Roy Dharma Putera, VP Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo III dalam sambutannya.

Dana kemitraan tersebut  diberikan kepada 47 mitra binaan di wilayah Jawa Timur yang memiliki usaha dalam sektor perindustrian, perdagangan, peternakan, perkebunan, perikanan serta jasa lainnya. Pemberian pinjaman telah melaui survey dan proses seleksi yang cukup ketat dengan memperhatikan beberapa aspek penilaian 4P (personality, purpose, prospect, payment) dan 5C (character, capacity, capital, collateral, condition).

Tercatat sebelumnya, Pelindo III melalui Pelabuhan Tanjung Perak juga telah memberikan bantuan pinjaman sebesar Rp 950 juta di tahap I tahun 2016 pada awal Maret lalu. Rencananya untuk tahun 2016 ini juga akan diberikan pada tahap III yang akan berjalan pada bulan Oktober atau November mendatang.

I Made Sukartha, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, ikut mengapresiasi kegiatan positif tersebut.

“Kami mewakili Gubernur Jawa Timur mengucapkan terima kasih atas perhatian Pelindo III dalam mendorong kemajuan perekonomian usaha kecil yang ada di daerah khususnya wilayah Jawa Timur apalagi kegiatan ini juga sejalan dengan program kami (Dinas Koperasi dan UMKM)”, tambahnya.

Kelebihan dana pinjaman yang diberikan Pelindo III ada pada bunga yang jauh di bawah bunga bank dan ketentuan angsuran, yaitu sebesar 6% per tahun dengan angsuran selama 30 bulan dan pada 6 bulan pertama penerima pinjaman hanya wajib membayar bunga saja baru di bulan berikutnya angsuran diikuti dengan pokok pinjaman. Untuk mempermudah proses pembayaran angsuran oleh mitra binaan, sekaligus sebagai monitoring dan evaluasi piutang mitra binaan, maka Pelindo III bekerja sama dengan Bank Jatim Cabang Tanjung Perak dalam pembukaan rekening simpeda kepada masing-masing mitra binaan.

Source Dukung Pengembangan UKM, Pelindo III Salurkan Rp 1,1 Miliar

Leave A Reply

Your email address will not be published.