Dukung Ibu Pekerja, Pelindo III Resmikan Ruang Laktasi

22

01 April 2016

Cilacap  – Keberadaan ruang laktasi atau nursery room di tempat kerja memegang peranan penting bagi ibu bekerja yang tengah menyusui bayinya. Sebab, tidak tersedianya ruang laktasi bisa membuat ibu nekat memerah Air Susu Ibu (ASI) di tempat yang tak seharusnya seperti toilet atau gudang. Untuk itulah PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau yang biasa disebut Pelindo III melalui Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, meresmikan ruang laktasi pada Jumat pagi tadi (1/4).

“Keberadaan ruang laktasi di perusahaan sangat penting agar para pegawai wanita dapat memerah ASI dengan leluasa. Tidak tersedianya ruang ASI membuat ibu yang bekerja tidak dapat menyusui, memerah ASI atau menyimpan ASI,” tutur Fariz Hariyoso,

General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap saat membuka acara. Hal ini, tambah dia, juga sejalan dengan Peraturan Pemerintah No. 33 tahun 2012 tentang pemberian ASI Eksklusif yang turut mendukung percepatan perbaikan gizi di Indonesia. Manager SDM, Umum dan Kesisteman, Siti Aisah, menyampaikan bahwa peran perempuan kini telah bertambah bukan lagi menjadi seorang istri dan ibu tetapi juga berperan melaksanakan tanggung jawab terhadap pembangunan Negara. Kontribusi perempuan dalam pekerjaan formal, tidak membebaskan mereka dari tanggung jawab terhadap keluarga.

“Perempuan harus pandai mengimbangi peranan dengan bijak dan berkualitas, terutama peranan dalam mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dan berkualitas, salah satunya dengan memberikan memberikan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayinya melalui pemberian ASI,” tegas wanita yang sudah dikaruniai dua orang anak ini.

Keuntungan tersedianya ruang laktasi di perusahaan, salah satunya dirasakan oleh Adelina, pegawai Pelindo III Pelabuhan Tanjung Intan yang kini masih memerah ASI untuk anak keduanya yang berusia 7 bulan. Menurut Adel, adanya ruang laktasi ini memudahkan proses memerah ASI sehingga produksi ASI semakin meningkat.

“Nyaman ya pumping di ruangan ini, sekarang saya tidak perlu mencari tempat tersembunyi untuk memerah ASI”, jelas Adel.

Adel berharap ke depannya ruang laktasi yang tersedia di kantornya bisa menambah fasilitas seperti wastafel untuk mencuci botol sebagai tempat menampung ASI dan alat untuk mensterilkan botol susu. Ruangan laktasi yang ada di kantor Pelabuhan Tanjung Intan terletak di sebelah ruang rapat Pusat Pelayanan Terpadu (P2T) kantor Pelabuhan Tanjung Intan. Ruangan seluas 3 X 4 meter itu dilengkapi dengan dua sofa, satu meja dan satu buah lemari pendingin untuk mendukung kegiatan memerah ASI supaya para ibu merasa nyaman dan ASI yang diperah dapat disimpan dengan baik.

Peresmian ruang laktasi ini juga ditandai dengan pengguntingan pita oleh General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Intan dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada perwakilan pegawai Pelindo III yang juga Ibu menyusui. Selain momentum peresmian ruang laktasi ini, juga diadakan syukuran atas penghargaan yang diberikan oleh Manajemen PT Pelindo III (Persero) yang menjadikan Pelabuhan Tanjung Intan sebagai Juara I Cluster II  lomba budaya perusahaan melalui Kesisteman dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja  (K3) dari semua cabang di Kelas II.

Source Dukung Ibu Pekerja, Pelindo III Resmikan Ruang Laktasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.