DPRD Pengandaran Studi Banding Wisata di Banyumas

38

BANYUMAS TIMUR, PERHUTANI (7/3/2016) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur menerima kunjungan DPRD Kabupaten Pengandaran Propinsi Jawa Barat. Kunjungan dalam rangka studi banding mengenai wisata khususnya wisata yang di kelola Perum Perhutani yang dikerjasamakan dengan pihak ke III.

Wakil Administratur Perum Perhutani Banyumas Timur Muhamad Arta dalam sambutannya menyampaikan mengenai Profil Perum Perhutani KPH Banyumas Timur dan Pengelolaan Wisata di KPH Banyumas Timur. Baik yang dikelola oleh KPH kerjasama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) maupun yang dikerjasamakan dengan pihak lain seperti Pemerintah Kabupaten maupun pihak Swasta.

“Obyek wisata yang dikerjasamakan dengan pihak ke III, misalnya Kawah Sikidang – di Dataran Tinggi Dieng dengan Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara, Wana Wisata Gunung Selok dengan Dinas Pariwisata Pemkab Cilacap. Sementara yang dikerjasamakan dengan LMDH adalah Wana Wisata Curug Cipendok, dan dengan pihak swasta yaitu Baturraden Adventure Forest (BAF),” tambah Arta.

Sementara Ketua DPRD Pangandaran, Iwan M. Ridwan pada kesempatannya menyatakan, maksud studi banding di KPH Banyumas Timur ini untuk menimba pengalaman cara pengelolaan wisata milik Perum Perhutani yang tata kelolanya dikerjasamakan dengan pihak lain. Isi perjanjian kerjasamanya, maupun proporsi bagi hasilnya (sharing) yang sudah dilaksanakan oleh Perhutani Banyumas Timur. Dan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas” jelas Iwan.

Rombongan selanjutnya mengunjungi BAF, Perhutani Alam Wisata (Palawi) dan Kebun Raya Baturraden. Kemudian pada pukul 14.10 rombongan melanjutkan perjalanan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas.

Source DPRD Pengandaran Studi Banding Wisata di Banyumas

Leave A Reply

Your email address will not be published.