Ditjen Perhubungan Laut Sosialisasikan Keselamatan

25

5 April 2018 —¬†Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menyosialisasikan keselamatan pelayaran di Pelabuhan Sibolga pada hari kamis tanggal 05 April 2018.

Direktur KPLP Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Jhonny R Silalahi mengatakan, sosialisasi keselamatan pelayaran merupakan upaya mewujudkan program strategis Kementerian Perhubungan menuju Zero Accident.

“Ini bentuk komitmen dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab mengawasi pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhanan dan lingkungan maritim,” katanya.

Menurutnya, transportasi laut merupakan alat transportasi yang vital dan dibutuhkan dalam menunjang terselenggaranya aktivitas pelayaran melalui moda transportasi kapal pelayaran niaga dan pelayaran rakyat.

Sebelumnya, Kasubdit Sarana dan Prasarana Direktorat KPLP Sri Rejeki selaku panitia penyelenggara mengatakan tema sosialisasi “Siap siaga untuk keselamatan pelayaran”.

“Sosialisasi bertujuan mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat bahwa menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran merupakan tanggungjawab bersama,” katanya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat pengguna jasa untuk menggunakan alat keselamatan pelayaran di atas kapal dan kesadaran pemilik kapal akan kewajibannya melengkapi alat-alat keselamatan pelayaran menjadi hal penting meminimalisir terjadinya kecelakaan kapal pelayaran yang berimbas pada timbulnya korban jiwa dan kerugian harta benda.

“Diharapkan sosialisasi ini meningkatkan kesadaran dan menanamkan budaya pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran pada masyarakat pengguna jasa serta operator jasa transportasi pelayaran rakyat dan nelayan,” katanya.

Dalam sosialisasi itu, Direktur KPLP, Kepala KSOP Sibolga dan Danlanal Sibolga Letkol Sri Rakhmadi secara bergantian membagikan 300 unit life jacket kepada perwakilan nelayan dan masyarakat pelayaran rakyat dilanjutkan meninjau kelengkapan alat keselamatan di atas kapal.

Turut hadir pimpinan instansi terkait jajaran Kemaritiman Pelabuhan Sibolga, unsur Forkompinda Kota Sibolga dan Kabupaten Tapteng, perwakilan pejabat Pemda dan lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.