Diskop Bersama PT Pelindo I Salurkan Bantuan UMKM

25

1 Agustus 2018 | ​Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Menengah (Diskop UMKM) Kota Pekanbaru yang bekerjasama dengan PT Pelindo I di tahun 2018 menyalurkan bantuan berupa anggaran kepada pelaku UMKM, Selasa (31/7/2018)

Bantuan yang disalurkan ini merupakan pemberdayaan Koperasi dan UMKM yang ada di wilayah Kota Pekanbaru. Demikian disampaikan Kepala Diskop UMKM Kota Pekanbaru, Azharisman Rozie kepada wartawan Rabu (1/8/2018).

“Ini konsep pemberdayaan koperasi dan UMKM oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, yang disebut dengan Tridaya Dinas Koperasi UMKM yang meliputi pemberdayaan pendampingan kelembagaan, pemberdayaan fasilitasi permodalan dan pemberdayaan fasilitasi pemasaran.

Untuk Tridaya yang kedua ini yaitu, fasilitasi permodalan Dinas Koperasi UMKM bekerja sama dengan stakeholder dunia usaha dan badan pengelola dana bergulir Kementerian Koperasi untuk menyalurkan kredit bantuan usaha bagi pelaku UMKM dengan bunga sebesar 3 persen,” terang Haris, panggilan Kepala Diskop UMKM Kota Pekanbaru.

“Hari ini PT Persero Pelindo Pekanbaru menyalurkan Rp 2,6 miliar dana bantuan bagi pelaku UMKM Kota Pekanbaru,. Namun yang sudah bisa diberikan sebesar Rp 500 juta lebih,” sambung Haris.

Terkait bantuan ini, menurut Haris, pihaknya akan terus berupaya mensosialisasikan kepada pelaku UMKM yang ada di wilayah Kota Pekanbaru.

“Ke depan kita terus mensosialisasikan kepada pelaku UMKM yang jumlahnya ribuan untuk memanfaatkan bantuan modal dari lembaga keuangan, serta stakeholder lainnya yang diakui pemerintah,” terang Haris.

Saat ditanya persyaratan apa saja yang harus dipenuhi oleh pelaku UMKM Kota Pekanbaru dalam memperoleh bantuan.

“Harus ada jaminan seperti surat tanah. Namun demikian, apabila tidak ada lembaga jaminan yang diadakan oleh pemerintah, namanya Jamnas dan provinsi juga membuat namanya jamkrida.

Persyaratan lainnya adalah tentu dilihat jenis usaha dan kelayakannya untuk bantuan dengan bunga 3 persen. Ini diberikan Rp 5 juta hingga Rp 200 juta. Untuk dunia usaha yang menyalurkan bantuan ini seperti Pelindo PTPN 5 Angkasa Pura dan lain sebagainya,” tutup Haris.

Source Diskop Bersama PT Pelindo I Salurkan Bantuan UMKM

Leave A Reply

Your email address will not be published.