Dirkeu DAHANA Sharing PKBL Berprestasi

62

Jumat, 15 Maret 2019, Kementerian BUMN menggelar kegiatan Workshop Program PKBL BUMN. Acara ini digelar di Ballroom, Garden Permata Hotel Bandung, dengan dihadiri oleh ratusan peserta yang mewakili 120 Perusahaan BUMN.

Dewi Ariyanti, Asdep TJSL KBUMN menuturkan kegiatan yang tengah digelar ini selain sebagai ajang silaturahmi penggiat PKBL BUMN juga untuk membangun sinergi antar PKBL BUMN, sebagaimana tema yang diangkat pada acara ini yaitu “Sinergi Membangun Negeri Melalui Kegiatan PKBL”.

“Kita berharap program-program PKBL yang berada di masing-masing BUMN ini bisa kita senergikan, baik sinergi antar perusahaan BUMN, atau dengan program-program yang diinisiasi oleh kementerian BUMN” ujar Dewi Ariyanti dalam sambutannya. (15/3/2019)

Dengan adanya sinergi PKBL, Dewi berharap tujuan PKBL dapat lebih terarah serta manfaatnya akan lebih terasa dirasakan oleh lingkungan & masyarakat. Salah satu wujud sinergi program PKBL dengan program KBUMN yaitu BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN). “Tahun 2019 ini program BHUN merupakan program tahun ke 4 yang akan kembali digelar,” ujarnya

“Beberapa Program BUHN sudah begitu dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat, tentunya pada tahun ini kita inginkan BUHN bisa jauh lebih baik lagi manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat,” harap Dewi.

Kegiatan Workshop ini pun digelar dengan format diskusi, dimana dalam susunan acara ada dua sesi diskusi yang dilaksanakan. Pada sesi diskusi pertama, membahas tentang program sinergi PKBL dalam program BUHN. Dimana rencananya ada beberapa program BHUN yang akan digelar pada taun ini seperti; Siswa Mengenal Nusantara, Peringatan HUT Kemerdekaan RI, Safari Ramadhan, Mudik Gratis, Peringatan Natal, dan Peringatan HUT Kementerian BUMN ke-21.

Sementara pada sesi kedua, panitia menghadirkan dua perusahaan BUMN untuk sharing perihal keberhasilan program-program PKBL yaitu PT Bukit Asam dan PT DAHANA (Persero). Hadirnya DAHANA pada sesi ini karena perusahaan penghasil bahan peledak ini berprestasi dalam program CSR-nya.

Direktur Keuangan & SDM Asmorohadi pun hadir memaparkan tentang program-program PKBL yang selama ini dilaksanakannya. Pada kurun tahun 2018, program CSR DAHANA telah mendapat apresiasi dan prestasi penghargaan di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Pada kesempatan ini Asmorohadi pun menjelaskan pada dasarnya program-program PKBL atau CSR yang dilaksanakan oleh DAHANA tidak jauh berbeda dengan program PKBL perusahaan BUMN lainnya, seperti Penyaluran bantuan bencana alam, peningkatan kesehatan, pembangunan prasarana dan sarana umum, sarana ibadah, pendidikan dan pelatihan, pelestarian alam, dan sosial masyarakat.

“Dari beberapa program bidang bantuan itu, kami kerucutkan pada 3 program unggulan yang dianggap sangat dibutuhkan oleh masyarakat seperti Penyediaan Fasilitas Air Bersih, Sarana & Prasarana Pendidikan, Serta Peningkatan kesehatan dengan Pengobatan Masal,” ungkapnya.

Keberhasilan DAHANA dalam prestasi PKBL ini tidak lepas dari pematangan program penyaluran CSR yang tepat sasaran. Hal ini pun berimplikasi pada pencitraan positif DAHANA di mata masyarakta dan media.

“Kami sangat sadar tidak besar dana CSR yang dikeluarkan oleh DAHANA, karena hal ini harus sesuai dengan aturan yang ada. Tapi dana itu kami optimalkan untuk bisa tepat sasaran, program yang dibuat harus menyentuh dan bermanfaat masyarakat. Masyarakatpun akhirnya bisa merasakan kehadiran DAHANA. BUMN Hadir Untuk Negeri,” papar Asmorohadi.

Source Dirkeu DAHANA Sharing PKBL Berprestasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.