Direktur Pengedalian Usaha RNI Paparkan Strategi Pengembangan Pangan Fungsional Dalam Seminar Nasional

40

Senin, 8 Juli 2019 – 6:30pm | YOGYAKARTA – Direktur Pengendalian Usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) Agung P. Murdanoto menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Pengembangan Pangan Fungsional Berbasis Sumber Daya Lokal Menuju Ketahanan Pangan, yang dilaksanakan oleh Universitas Mercu Buana, di Auditorium Kampus Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, Sabtu, 6 Juli 2019. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan paparan mengenai Strategi dan Upaya Pengembangan Pangan Fungsional.

Dalam seminar yang juga menghadirkan Guru Besar Ilmu Pangan Universitas Sriwijaya Prof. Rindit Pambayun, Guru Besar Universitas Mercu Buana Prof. Dwiyati Pujimulyani, dan Product Development Manager SGM Cahyo Budianto tersebut Agung berbagi pengalaman dalam menjalankan aktivitas bisnis RNI sebagai salah satu BUMN yang bergerak dalam bidang industri pangan.

Ia mengawali paparannya dengan mengajak para mahasiswa untuk mulai berpikir bahwa sektor pangan merupakan aspek strategis yang secara langsung menunjang kemajuan suatu bangsa dan negara.

Menurut Agung, Ketersediaan pangan tentunya sangat terkait dengan aktivitas pertanian yang dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya ketersediaan lahan dan kondisi iklim. Ia mengatakan, dengan semakin berkurangnya lahan pertanian dan kondisi iklim yang sulit ditebak, maka diharapkan para pegiat pertanian dapat terus berinovasi menghasilkan berbagai temuan baru sehingga produktivitas pangan dalam negeri dapat terjaga dan ketahanan pangan nasional bisa terwujud.

Lebih lanjut, Agung memaparkan berbagai jenis pangan fungsional yang telah di produksi RNI. Pangan fungsional sendiri merupangan makanan atau bahan pangan yang diperkaya oleh nutrisi tambahan sehinga dapat memberikan manfaat lebih disamping fungsi gizi dasar.

Sementara itu, Dekan Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Wafit Dinarto mengatakan, bahwa upaya mewujudkan ketahanan pangan masih menghadapi banyak tantangan. Salah satu penyebabnya adalah belum tergalinya potensi pangan daerah di mana setiap daerah di Tanah Air mempunyai kekhasan pangan masing-masing yang diminati masyarakat setempat. Untuk itu, ia mengajak untuk sama-sama lebih dalam lagi menggali ragam dan fungsi pangan lokal tersebut.

Adapun, Seminar Nasional yang dihadiri oleh para mahasiswa, tenaga pengajar serta praktis pertanian tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Universitas Mercu Buana Dr. Ir. Bayu Kanetro. Acara ditutup dengan penyerahan cindera mata dan pembacaan kesimpulan.

Source Direktur Pengedalian Usaha RNI Paparkan Strategi Pengembangan Pangan Fungsional Dalam Seminar Nasional

Leave A Reply

Your email address will not be published.