Di Rumah Pangan, Harga Daging Hanya Rp80 Ribu/kg

10

15 Mei 2019 | PALOPO — Sebenarnya, Pemkot Palopo telah melakukan operasi pasar selama ini. Hanya saja, sebagian masyarakat mungkin tidak menyadarinya. Itu dapat dilihat dengan beroperasinya lima Rumah Pangan yang berada di bawah naungan Dinas Perdagangan.

”Di Rumah Pangan, harga kebutuhan pokok lebih murah dibanding harga pasaran,” jelas Kabid Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Dinas Perdagangan Palopo, Nurpati SE kepada Palopo Pos, Kamis, 9 Mei 2019 kemarin.

Harga beras kelas medium di Rumah Pangan hanya Rp9 ribu per kg. Sementara di pasaran sudah mencapai Rp10 ribu hingga Rp11 ribu. Demikian pula daging beku hanya Rp80 ribu per kg. Di pasar saat ini sudah mencapai Rp140 ribu hingga Rp150 ribu per kg.

Sementara terigu kompas Rp10 ribu per kg, sirup DHT Rp21 ribu per botol (di pasaran Rp22 ribu), minyak goreng kunci mas Rp12.500 per 900 ml, air minum mineral Rp14 ribu per dos, Susu Kental Manis (SKM) Frisian Flag Rp10.500 per kaleng.

Yang sedikit mengalami kenaikan adalah harga gula, dari sebelumnya Rp11.500 menjadi Rp12.500 per kg. Kenaikan tersebut karena harga distributor juga mengalami kenaikan. Sekarang sudah Rp680 ribu per sak 50 kg.

Murahnya harga kebutuhan pokok di Rumah Pangan, bertujuan untuk menjaga kestabilan harga maupun stok barang. ”Kalau masyarakat merasa harga barang di pasaran mahal, bisa belanja di Rumah Pangan. Harga barang di sini (Rumah Pangan) sama dengan harga distributor. Kita di sini tidak ambil untung,” terang Nurpati.

Ada lima Rumah Pangan Pemkot yang beroperasi di Palopo, masing-masing satu unit di Kec. Telluwanua, Kec. Bara, di Jl Kelapa Kec. Wara, Jl. Jenderal Sudirman, Binturu Kec. Wara Selatan, dan Jl. Andi Kambo Kec. Wara Timur.

Ditambahkan Dian, petugas Rumah Pangan Jl. Jenderal Sudirman Binturu, Kamis siang kemarin, kebutuhan pokok yang dijual di Rumah Pangan cukup laris. Terbukti, pada siang kemarin, stok beras kosong. Daging beku juga tinggal sedikit. Air minum mineral juga tinggal sekira lima dos. ”Biasanya stok sampai 100 dos,” katanya.

Rencananya, Bulog akan memasukkan beras di Rumah Pangan pada Kamis sore. Begitu pun daging beku, juga akan masuk Kamis sore. Pembeli di Rumah Pangan rata-rata warga kurang mampu yang berdomisili di Binturu dan Benteng.

Source Di Rumah Pangan, Harga Daging Hanya Rp80 Ribu/kg

Leave A Reply

Your email address will not be published.