Di Mozambik, Menlu Retno Promosikan Kereta Api Buatan INKA

52

13 Februari 2017

Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Mozambik di Maputo, Mozambik, Selasa 7 Februari 2017. Forum pertemuan tersebut dihadiri lebih dari 50 pengusaha asal Mozambik yang berasal dari berbagai sektor, seperti energi, perbankan, transportasi, pariwisata, dan konstruksi. Menlu Retno mengatakan, para pengusaha Indonesia dan Mozambik harus mampu memanfaatkan semua peluang untuk merevitalisasi hubungan dagang dan investasi yang melemah dalam setahun terakhir.

“Saya mengetahui bahwa Mozambik sedang membutuhkan berbagai produk industri strategis, saya percaya perusahaan industri strategis Indonesia siap bekerja sama,” tutur Menlu Retno.

Salah satu hambatan kerja sama perdagangan yang dialami antara Indonesia dan Mozambik terletak pada pendanaan. Dalam sambutannya, selain menyampaikan berbagai langkah reformasi ekonomi di Indonesia, menlu RI juga mempromosikan salah satu produk buatan Indonesia, seperti gerbong kereta api. Menlu RI juga menawarkan gerbong kereta api produksi Indonesia kepada Mozambik yang sedang membangun sistem transportasi kereta api.

“Gerbong kereta api buatan Indonesia sangat bagus dan telah diekspor ke beberapa negara. Indonesia siap bekerja sama untuk mendukung sistem transportasi kereta api yang sedang dibangun Mozambik,” ucap menlu RI.

Menlu RI juga menawarkan kerja sama untuk memproses hasil komoditas kapas Mozambik dengan perusahaan tekstil Indonesia.

“Industri tekstil Indonesia sangat maju. Selain dapat memproses kapas hasil Mozambik, ke depannya, saya yakin mereka siap untuk bekerja sama lebih erat melalui transfer of capacity dan kerja sama investasi,” dia menambahkan.

Sebagai bagian dari forum bisnis, dilaksanakan pula kegiatan business matching. Dalam forum itu, terlihat berbagai minat dari pengusaha Mozambik kepada Indonesia, di antaranya terkait dengan produk kereta api PT Inka. Selain itu, PT PAL juga memperoleh minat kerja sama di sejumlah kapal kargo untuk pendistribusian barang. Di samping itu, sektor pariwisata diminati untuk kerja sama di bidang pengembangan pulau wisata dan biro perjalanan. Forum bisnis ini diyakini akan memperkuat hubungan ekonomi kedua negara yang tengah mengalami berbagai tantangan. Turut hadir pula wakil Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, dan BUMN Mozambik. Hadirnya perwakilan dari Indonesia Eximbank juga disambut baik oleh pengusaha dan perwakilan Pemerintah Mozambik yang hadir.

Source Di Mozambik, Menlu Retno Promosikan Kereta Api Buatan INKA

Leave A Reply

Your email address will not be published.