Di Depan DPR, Jokowi Banggakan BUMN Ini Tembus Pasar Ekspor

59

17 Agustus 2017

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya di Sidang Bersama DPR-DPD RI membanggakan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang mampu menembus pasar ekspor. Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu cara Indonesia untuk berdiplomasi dengan dunia internasional. Mesin diplomasi Indonesia terus bergerak menggarap pasar pasar non-tradisional di Afrika, Timur Tengah, dan Asia. Selama setahun ini, PT INKA berhasil mengekspor 150 gerbong kereta api ke Bangladesh, PT Dirgantara Indonesia mengekspor pesawat CN 235 ke Senegal dan Thailand.

“Ini salah satu janji kemerdekaan yang seperti tercantum dalam pembukaan konstitusi adalah kita ikut serta dalam upaya memelihara ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” katanya di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Di tengah gelombang globalisasi yang berubah cepat dan ekstrem, kemandirian bangsa Indonesia adalah pilar sangat penting guna mewujudkan kesejahteraan rakyat dan menegakkan keadilan sosial. Pemerintah terus bekerja keras untuk mewujudkan kedaulatan pangan, dengan meningkatkan produksi bahan pangan strategis, utamanya padi, jagung, daging sapi, cabai, dan bawang merah.

“Pemerintah juga terus memperkuat kemandirian bangsa melalui inovasi teknologi dan pembangunan pembangkit listrik energi baru terbarukan serta mendorong kenaikan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam pembangunan pembangkit tenaga listrik,” terangnya.

Source Di Depan DPR, Jokowi Banggakan BUMN Ini Tembus Pasar Ekspor

Leave A Reply

Your email address will not be published.