Dewan Pengawas Perhutani Kunjungi LMDH Hargo Mulyo KPH Lawu Ds Divre Jatim

18

MADIUN, PERHUTANI (21/11/2015) | Ketua Dewan Pengawas Perum Perhutani, Hadi Daryanto didampingi Kepala Perum Perhutani Divre Jawa Timur Andi Purwadi mengunjungi LMDH Hargo Mulyo Desa Baosan Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo, Perum Perhutani Divre Jawa Timur KPH Lawu Ds. Jum’at.

Ketua Dewan pengawas Perum Perhutani, Hadi Daryanto menyatakan bahwa kunjungannya dalam upaya menjalin silaturahmi dengan petani hutan (LMDH) dan ingin melihat langsung kemajuan dan perkembangan gerak usaha dari LMDH.

“Pelestarian hutan intinnya harus bersama-sama dengan peningkatan ekonomi masyarakat desa hutan, yang di tompang dengan sistem Perhutani yaitu PHBM (pengelolaan hutan bersama masyarakat), sehingga muncul komoditas-komoditas unggulan seperti Usaha Produktif ternak kambing, ternak sapi, upaya pengolahan biogas, budidaya tanaman di bawah tegakan (polowijo dan empon-empon), sadapan, juga hijauan makanan ternak. Hal tersebut secara ekonomis mempunyai nilai yang dapat mendonkrak pendapatan masyarakat sekitar hutan, yang tergabung dalam LMDH “ tuturnya.

Kepala Perum Perhutani Divre Jawa Timur, Andi Purwadi menyatakan bahwa pengelolaan sumber daya hutan secara lestari melalui kerjasama Perhutani, LMDH dan Pemerintah Daerah yang di wadahi didalam sistem PHBM dapat mendorong indek pembangunan masyarakat desa hutan yang tentunya dalam pelaksanaannya mematuhi aturan yang ada .

LMDH Hargo Mulyo memiliki usaha produktif ternak kambing, Sadapan, pemanfaatan lahan dibawah tegakan (PLDT) polowijo dan empon-empon dan Koperasi LMDH unit simpan pinjam yang gerak usahanya semakin berkembang.

Source Dewan Pengawas Perhutani Kunjungi LMDH Hargo Mulyo KPH Lawu Ds Divre Jatim

Leave A Reply

Your email address will not be published.