Demi Kenyamanan Pemudik, Pelindo III Benahi Terminal Penumpang

19

20 Juni 2016

Gresik – Pelindo III cabang Gresik bersama KSOP Pelabuhan Kelas II Gresik, Polsek Kawasan Pelabuhan Gresik, Satpol Air Polres Gresik, Kantor Kesehatan Pelabuhan Gresik, serta instansi yang terkait telah membuat POSKO mudik bersama dan telah beroperasi sejak 18 Juni (H-18) sampai 24 Juni 2016 (H+17) nanti. Posko terpadu  berfungsi untuk memantau arus mudik agar berjalan lancar dan pendistribusian bahan pokok. Kita  juga melakukan pengecekan pada setiap barang yang dibawa oleh penumpang juga adanya pemeriksaan dua kali tiket, yang pertama ketika akan masuk ruang tunggu kemudian dilakukan sekali lagi ketika menuju kapal

Pelindo III Cabang Gresik telah menyiapkan beberapa sarana selama pelaksananaan kegiatan posko berupa 3 unit  mobil patroli, 1 unit mobil ambulan serta 2 unit CCTV untuk pemantauan dan pengawasan juga 4 unit motor boat kapal patroli. Jumlah arus penumpang mudik pada tahun ini diprediksi mengalami kenaikan sebesar 3 persen dikarenakan liburan sekolah dan cuti bersama lebaran bersamaan di tahun 2016. Menurut perkiraan, tahun 2016 untuk debarkasi sebesar 7.449 penumpang dan untuk embarkasi sebesar 6.283 penumpang, sedangkan data penumpang tahun 2015 lalu, untuk debarkasi  sebesar 7.232 penumpang sedangkan untuk embarkasi sebesar 6.100 penumpang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, KM Express atau KM Natuna Express akan menambah jadwal jumlah pelayaran dan PEMDA akan berkoordinasi dengan TNI-AL untuk membantu dengan menggunakan armadanya sebagai angkutan penumpang Gresik – Bawean, hal ini dilakukan untuk menhindari penumpang yang tidak terangkut di Pelabuhan Gresik pada saat lebaran.

“Untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang kapal laut, sekarang kami telah melakukan renovasi gedung terminal penumpang  perbaikan ruang menyusui, mengecat kembali, juga memperbaiki atap-atap sehingga para penumpang dapat merasa nyaman dan aman didalam terminal penumpang, ” Tutur Tri Bagus Digdoyo Manajer Tehnik Pelabuhan Gresik.

Selain itu juga dipasang kanopi untuk kenyamanan para penumpang dari terminal menuju ke kapal agar para penumpang terlindungi dari panas dan hujan. Renovasi ini sudah dilakukan sejak bulan Maret tahun 2016 dan perkiraan selesai seminggu sebelum lebaran.

”Kita harus begerak cepat untuk penyelesaian ini agar para penumpang ketika akan mudik sudah merasa nyaman,” tambahnya.

Menurut Haris Budiarto Manager SDM, Umum dan Kesisteman Pelabuhan Gresik, tak hanya itu untuk menambah kenyamanan penumpang, Pelindo III memberikan fasilitas wi-fi di terminal penumpang, menyiapkan takjil gratis bagi para penumpang kapal laut yang harus membatalkan puasa disela-sela waktu menunggu jadwal kapalnya dan ruangan khusus merokok juga disiapkan demi menambah kenyamanan para penumpang di Pelabuhan Gresik.

Source Demi Kenyamanan Pemudik, Pelindo III Benahi Terminal Penumpang

Leave A Reply

Your email address will not be published.