Delegasi Papua Niugini Kunjungi Terminal Teluk Lamong

25

16 Maret 2016

Surabaya  Seolah sama penasarannya dengan negara-negara lain yang pernah berkunjung ke Terminal Teluk Lamong, rombongan dari negara tetangga yang terdiri dari Gubernur Provinsi Sandaun dan Sepik Timur, Papua Niugini, mengunjungi terminal yang memiliki slogan “The First Green Port in Indonesia” tersebut (16/3). Rombongan Gubernur Hon Amkat Mai (Gubernur Provinsi Sandaun) dan Ian Samuel (Deputi Gubernur Provinsi Sepik Timur) didampingi jajaran petinggi daerahnya datang bersama Elmar Iwan Lubis (Konsul Indonesia Wanimo), Allen Sinarmata (Wakil Konsul) serta Yulad Abid Takhassuna (Staf dari Kementerian Luar Negeri, Indonesia di Jakarta).

Kunjungan ke PT Terminal Teluk Lamong merupakan bagian dari serangkaian kunjungan mereka, dalam rangka menjalin kerjasama antara pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Sandaun, Papua Niugini (PNG). Diterima dengan hangat oleh Soekarwo (Gubernur Jawa Timur) di kantornya, Gedung Negara Grahadi Surabaya, delegasi tersebut berbincang mengenai prospek kerjasama dalam rangka peningkatan efisiensi logistik. Selama ini, menurut Amkat Mai, sebagian besar barang-barang yang masuk ke PNG berasal dari Indonesia. Namun karena permasalahan regulasi dan prosedur dari para pemilik perusahaan pengiriman kargo dan pelayaran, barang-barang asal Indonesia tersebut justru sampai ke PNG dengan kapal berbendera asing seperti Singapura dan Australia. Tidak ada direct shipping dari Indonesia ke PNG.

Masalah itulah yang juga disampaikan para delegasi negara tetangga tersebut ke Kementerian Luar Negeri RI pada saat kunjungannya ke Kemlu RI di Jakarta di hari dimana mereka tiba di Indonesia. Kunjungan di Terminal Teluk Lamong memakan waktu kurang lebih dua jam dengan meninjau langsung lokasi dan fasilitas terminal serba canggih pertama di Indonesia tersebut. Direktur Operasional & Teknik, Agung Kresno Sarwono secara langsung menyambut dan mendampingi. Agung juga menyampaikan paparan mengenai overview Terminal Teluk Lamong yang dilanjutkan dengan sesi diskusi.

“Diharapkan dengan rangkaian kunjungan ke Indonesia dan Terminal Teluk Lamong ini, permasalahan logistik nasional PNG dapat menemukan jalan keluar yang nyata dalam waktu dekat,” ujar Hom Amkat Mai.

Source Delegasi Papua Niugini Kunjungi Terminal Teluk Lamong

Leave A Reply

Your email address will not be published.