Daun Kelor, Si Imut Superfood Abad ini

11

Kamis, 22 Oktober 2015 | Dunia tak selebar daun kelor. Peribahasa ini sering diungkapkan seseorang untuk menyatakan bahwa dunia sangat luas. Namun, mungkin peribahasa ini bisa berubah, ketika mengenal manfaat luas dari pohon berdaun imut yang memiliki nama latin moringa oleifera ini.

Di Indonesia, daun kelor sudah dikenal sebagai pohon yang memiliki banyak mitos dan kegunaan. Mitos yang sering kita dengar tentang daun kelor adalah sebagai penangkal ilmu hitam, pengusir mahluk halus ataupun penghancur ilmu kebal. Buahnya pun biasa dimanfaatkan sebagai sayur yang biasa disebut sebagai sayur kelentang.

Dalam tradisi pengobatan kuno India (Ayurveda), daun kelor dianggap sakti karena bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dalam daftar obat kuno India, kelor memang menduduki tempat istimewa karena bisa digunakan untuk menyembuhkan sekitar 300 penyakit. Tak heran, berita ini tersiar hingga ke nusantara dan menginspirasi tabib-tabib nusantara jaman dahulu untuk melakukan pengobatan berbagai penyakit dengan daun kelor.

Sedangkan, di dunia modern saat ini ketika teknologi dan penelitan telah sangat jauh berkembang, terungkap bahwa kelor memang pantas mendapat sebutan The Miracle Tree atau The Tree of lifesebutan yang biasa digunakan oleh dunia barat terhadap kelor.

Daun kelor ternyata mengandung :

  • 7 kali Vitamin C dari buah jeruk
  • 4 kali Vitamin A dari wortel
  • 4 kali Kalsium dalam susu
  • 3 kali Kalium dalam pisang
  • 2 kali Protein yang terdapat dalam yoghurt atau protein dalam sebutir telur.
Source Daun Kelor, Si Imut Superfood Abad ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.