Dari Tandan Sawit, LIPI Berhasil Kembangkan Biooil dan Bioplastik

26

14 Mei 2019 | SERPONG – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Pusat Penelitian Kimia berhasil mengembangkan bio-oil dari pelepah tandan kosong kelapa sawit.

“Tandan kosong kelapa sawit bisa diproses mendapatkan bio-oil diatas 60% dan berpotensi sebagai bahan bakar kimia cair. Pemrosesannya menggunakan mekanisme termal katalitik,” jelas Plt. Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI, Raden Arthur Ario Lelono.

Bio-Oil membantu industri pengolahan kelapa sawit untuk pengolahan limbah tandan kosong juga membantu penyediaan energi alternatif dari limbah biomassa tandan kosong kelapa sawit sebagai energi terbarukan,” jelas Arthur.

Selain itu untuk pemanfaatan limbah tandan kosong kelapa sawit, Pusat penelitian Kimia LIPI telah mengembangkan bioplastik dari limbah kelapa sawit.

“Tandan kosong kelapa sawit mengandung selulosa, hemiselulosa dan lignin,” jelas Arthur. Menurut Arthur, bioplastik berbasis limbah kelapa sawit ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai pengganti plastik konvensional karena memiliki sifat tahan terhadap air dan kelembaban.

Source Dari Tandan Sawit, LIPI Berhasil Kembangkan Biooil dan Bioplastik

Leave A Reply

Your email address will not be published.