Da’i-Da’i Kehutanan adalah Agen-Agen Pembangunan

25

SURABAYA, PERHUTANI (17/3/2015) | Pelatihan dan Pendampingan Da’i Kehutanan di Kab. Tuban secara resmi ditutup oleh Direktur Pengelolaan Sumber Daya Hutan (PSDH), Heru Siswanto di Pendopo Kelurahan Desa Jetak Kec. Montong Kabupaten Tuban.

Kegiatan Halaqoh Pembangunan Desa telah berlangsung selama 4 hari dari tanggal 13 hingga 17 Maret 2015.

Selama mengikuti pelatihan para da’I kehutanan tersebut telah banyak menerima pembekalan materi peraturan perundang-undangan tentang kehutanan, lingkungan, pemetaan hutan serta sistim Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM). Usai mengikuti pelatihan ini para da’i diharapkan dapat terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat sekitar hutan untuk memberikan pencerahan di daerahnya masing-masing.

Ketua Cabang Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kab. Tuban, Ali Imron mengatakan bahwa sebenarnya parameter dari pelatihan ini baru bisa terlihat ketika diapplikasikan di tengah masyarakat. Selama 4 hari mengikuti pelatihan ini bisa dikatakan sukses. Ali Imron juga salah satu peserta da’I kehutanan dari wilayah setempat.

“Program ini sangat bagus dan menjadi awal yang baik antara Perhutani dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) karena sesungguhnya Pehutani dan PBNU sama-sama memiliki pandangan yang sama dalam membina masyarakat, kalau itu bisa disinergikan bisa menjadi energi yang luar biasa,” tambahnya.

Perhutani dalam mengelola hutan tidak dapat berjalan sendiri dan oleh karena itu perlu menggandeng lembaga terkait demikian dikatakan Heru dalam dalam kesempatan itu, mengingat seluas 2,4 juta hektar kawasan hutan yang dikelola Perum Perhutani bersentuhan langsung dengan masyarakat dengan berbagai karakternya.

Kegiatan ini menggandeng Da’i yang sudah ahli dalam berdakwah untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat, setelah kembali dari tempat pelatihan ini para da’i ini dapat menjadi agen-agen pembangunan di daerahnya, dan ilmunya bisa ditularkan kepada yang lain

Para da’I dalam perkembangannya diharapkan berkembang layaknya sel-sel baru yang selalu tumbuh dan berkembang membentuk jaringan-jaringan baru di daerahnya.

Pelatihan da’I kehutanan angkatan pertama ini diikuti tidak kurang dari 70 peserta rata-rata mereka berasal dari Jawa Timur dan sebagian dari wilayah prop. Jawa Tengah, rencananya kegiatan serupa bakal digelar kembali dengan memilih tempat di Kab. Jember.

Selain dihadiri seluruh peserta pelatihan, acara penutupan tersebut, dihadiri Direktur PSDH Heru Siswanto, Karo Kelola Sumber Daya Hutan (SDH) Kristomo, Karo Perlindungan SDH Susilo B. Wacono, sejumlah Administratur, sementara itu dari pihak PBNU dihadiri sejumlah pengurus dan Sekjendnya yakni Imam Pituduh dan hadir pula Kepala Desa Jetak selaku tuan rumah.

Source Da’i-Da’i Kehutanan adalah Agen-Agen Pembangunan

Leave A Reply

Your email address will not be published.