DAHANA Taklukan 9 Bukit Batu di Bakauheni Lampung

14

14 Februari 2017

Sejak Maret 2016, PT DAHANA (Persero) melalui Divisi Kuari Kontruksi-nya telah melakukan persiapan menaklukkan bukit batu yang berada di Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan. Satu bulan kemudian, tepatnya April 2016, peledakan pertaman dilakukan oleh DAHANA. Peledakan bukit batu di Bakauheni ini adalah bagian dari proyek pembangunan jalan Trans Sumatera, Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Baterbar) yang dipegang oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) yang kemudian bersinergi dengan DAHANA untuk pekerjaan peledakan bukit batu. Prayogo, Site Engineer PT PP  menerangkan bahwa dalam proyek pembangunan tol Bakauheni ini Dahana harus meratakan 9 bukit yang berada STA 1+100 sampai dengan 8+900, melewati Desa Bakau, Desa Kelawi dan Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan.

“Dalam pekerjaan Tol Trans Sumatera paket 1 ini, yaitu Bakauheni-Sidomulyo yang berjarak 40 KM, kita pakai SubKon peledakannya oleh DAHANA. Ada sembilan gunung yang harus dibelah dan diratakan, dan sekarang tinggal tersisa tiga gunung lagi,” terang Prayogo kepada Dfile (19/01/2017).

Dalam pekerjaan peledakan, menurut Prayogo, DAHANA mampu mengejar target yang telah di tentukan. Pada pekerjaan tahap pertama, mulai April – Oktober , target 100% telah tercapai dengan hasil peledakan sekitar 1.110.000 BCM. Kemudian pada tahap kedua PT PP menargetkan sekitar 2.553.508,66 BCM.

“Sesuai intruksi pemerintah, kita memerlukan percepatan pembangunan. Untuk perataan peledakan oleh DAHANA kita targetkan Maret 2017 sudah rampung semua, dan mudah-mudahan sebelum lebaran jalan tol ini sudah bisa digunakan,” ujar Prayogo.

Source DAHANA Taklukan 9 Bukit Batu di Bakauheni Lampung

Leave A Reply

Your email address will not be published.